Berita Daerah

Jumat, 22 Oktober 2021 - 07:42 WIB

3 bulan yang lalu

Yayasan Tin Peduli Bangka Barat menyerahkan bantuan dana tunai sebesar Rp. 282.190.000.00 kepada masyarakat Desa Belo Laut yang diserahkan Kasat Polair Polres Bangka Barat didampingi Kepala Bagian Pengawasan KIP Bangka Barat dan diterima langsung Kepala Desa Belo Laut (Foto : Tbo)

Yayasan Tin Peduli Bangka Barat menyerahkan bantuan dana tunai sebesar Rp. 282.190.000.00 kepada masyarakat Desa Belo Laut yang diserahkan Kasat Polair Polres Bangka Barat didampingi Kepala Bagian Pengawasan KIP Bangka Barat dan diterima langsung Kepala Desa Belo Laut (Foto : Tbo)

PT Timah dan Mitra KIP Salurkan Bantuan Tunai Pembelian Ambulance Desa Belo Laut

TBOnline [BABAR] —  Mitra KIP PT. Timah yang beroperasi di Perairan Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Babel, melalui YAYASAN TIN PEDULI kembali menyerahkan bantuan dana tunai sebesar Rp282.190.000., kepada warga Desa Belo Laut yang diserahkan Kasat Polair Polres Bangka Barat didampingi Kabag Pengawasan KIP (Waskip) Bangka Barat dan diterima langsung oleh Kepala Desa Belo Laut Ibnu di ruang kerjanya, Selasa (19/10/2021).

Kabag Waskip Babar Sugarta, usai kegiatan ini menyatakan bahwa penyerahan bantuan ini untuk pembelian 1 unit ambulance bagi masyarakat Belo Laut. “Untuk bantuan dana tunai yang diserahkan oleh YAYASAN TIN PEDULI itu mekanisme nya dari yayasan menyerahkan dana tunai dan untuk lebih lanjut menjadi tanggung jawab dari pihak desa nantinya dalam proses pembelian 1 unit mobil operasional ambulance,” ujarnya.

Proses penandatanganan berita acara penyerahan bantuan uang tunai untuk pembelian mobil ambulance di wilayah Desa Belo Laut (Foto : Tbo)

Sugarta berharap, sinergitas dan soliditas semua pihak dapat terus terbina dengan baik sebagaimana yang telah terjalin selama ini. “Jadi dari pihak yayasan tanggung jawabnya sudah lepas, sampai penyerahan dana tunai tersebut. Dan tentunya dalam rangka pembagian sumbangan dana dari yayasan ini, akan terus solid lah untuk kemakmuran Desa Belo Laut,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Belo Laut Ibnu menyampaikan ungkapan terima kasih serta apresiasi kepada PT Timah dan mitra KIP atas komitmen yang terus terbina.

Dokumen penyerahan bantuan oleh YAYASAN TIN PEDULI BANGKA BARAT kepada Desa Belo Laut (Foto : Tbo)

“Terkait bantuan ini, tentunya kami dari pemerintah desa sangat berterima kasih dan mengapresiasi komitmen PT Timah dan mitra untuk membantu masyarakat, terutama sama-sama kita tahu Belo Laut wilayahnya sangat luas, masyarakatnya banyak dan ambulance memang sangat dibutuhkan. Alhamdulillah hari ini terjawab, jadi terima kasih semuanya. Kami beserta BPD sangat mengapresiasi karena memang ini komitmen dari awal sejak beroperasinya KIP di Belo Laut,” tukasnya.

Adapun untuk pembelian 1 unit ambulance tersebut dikatakan Ibnu, akan dilaksanakan pada bulan November 2021 mendatang. “Yang pasti pengadaan tidak bisa cepat yah, kemungkinan di bulan November, karena ini di agenda perubahan juga. Makanya kita masukkan, ada prosesnya, manfaatnya jelas luar biasa, saya sangat mengapresiasi itu,” ujarnya.

Sementara, Kasat Polair Polres Bangka Barat AKP Candra Wijaya, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan tersebut. “Secara pribadi ataupun secara institusi selaku Kasatpolair Polres Bangka Barat kami mengapresiasi PT Timah dengan mitranya yang sudah menyumbangkan sesuatu yang sangat-sangat berharga dan sangat diperlukan warga, ini sudah sangat-sangat baik. Tinggal nanti pemanfaatannya dari pihak desa nanti mekanismenya Pak Kades itu yang mengatur bagaimana baiknya, ini semangat baik diperlukan oleh masyarakat di Belo Laut,” imbuhnya.

Desa Belo Laut dikatakan Candra, merupakan desa yang makmur salah satunya dengan adanya kompensasi yang diberikan PT Timah dan mitranya kepada masyarakat setempat.

“Menurut saya di Belo Laut ini boleh dibilang makmur. Di masa pendemi masyarakatnya masih bisa mendapatkan penghasilan dari kompensasi PT Timah. Jadi di pandemi ini mereka tidak merasa kesusahan. Paling tidak untuk makan minum mereka, sudah teratasi dan tidak lepas dari kepemimpinan seorang kades yang bisa memenej warganya sehingga mereka tidak merasa kesusahan,” pungkasnya.

Paket sembako yang disalurkan kepada dusun-dusun terdampak beroperasinya KIP Mitra PT Timah (Foto : Tbo)

Selain bantuan tunai ini, Mitra KIP secara rutin juga memberikan paket sembako yang mana telah berjalan beberapa pekan ini, yang disalurkan kepada dusun-dusun terdampak beroperasinya KIP Mitra PT Timah. “Kami secara rutin juga membagikan paket sembako di Desa Belo Laut, kebetulan hari ini kami mengeluarkan melalui Mitra KIP PT. Timah sebanyak 200 paket sembako ke Dusun 6, Pait Jaya, Desa Belo Laut dan kami akan rolling dengan bergantian tiap bulannya ke dusun-dusun yang lain di Desa Belo Laut,” ujar Kabag Waskip Sugarta. Fani Tamzona

Artikel ini telah dibaca 467 kali

Baca Lainnya