Satu Komando

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:16 WIB

1 bulan yang lalu

BAKTI TNI DI TENGAH PANDEMI – Ada Kegiatan Apa di Markas Koramil di Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi ???

TBOnline [SATU KOMANDO] ~ Bakti TNI bagi rakyat, khususnya dalam dunia pendidikan di tengah situasi pandemi Covid 19 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru [new normal], mengharuskan siswa sekolah untuk belajar di rumah sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Ditujukan salah satunya oleh Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, dengan menyediakan layanan WiFii gratis bagi kegiatan belajar mengajar secara online [daring] yang ditempatkan di tiap koramil. Perwira Seksi Teritorial [Pasiter] Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, yang juga Pjs Danramil 2213/Jampang Kulon, Kapten Arm Witono menyatakan bahwa apa yang dilakukan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi yaitu untuk membantu program pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa ditengah wabah pandemik global Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir.

Saat ini, lanjut Witono, yang sudah terpasang wiifi sebanyak 12 koramil. “Kalo semua koramil sudah terpasang. Semua gratis untuk pembelajaran siswa,” sebutnya.

”Semoga apa yang kami berikan ini dapat membantu anak-anak kita dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelajar untuk belajar online. Dan pelaksanaan kegiatan belajar dengan menggunakan wifii gratis di koramil bagi para siswa yang datang ini, tetap diutamakan untuk mengikuti protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” jelas Witono. Selain memberikan fasilitas wiifi gratis, lanjut Witono, anggota tentara juga ikut mengawasi saat proses pembelajaran berlangsung, bahkan turut membantu para pelajar menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru.

“Kami pun membantu bila ada pelajar kesulitan untuk menyelesaikan soal-soal pertanyaan dari guru,” katanya.
Witono mengatakan sesuai perintah atasan, proses pembelajaran di Kantor Koramil harus secepatnya dilakukan, terutama untuk membantu program pemerintah mencerdaskan anak bangsa ditengah wabah Pandemik Global Covid-19. “Semoga apa yang kami berikan ini, dapat membantu anak-anak. Terutama saat  melaksanakan tugas belajar nya.”

Koramil Jadi Tempat Kegiatan Belajar Mengajar Daring Para Siswa

Pantauan TBO beberapa koramil yang menjadi tempat aktivitas kegiatan belajar mengajar secara daring, pada Senin [10/08/2020] diantaranya Koramil 2202/Palabuhan Ratu, Koramil 2208 Nyalindung, Koramil 2211/Sagaranten dan Koramil 2213/Jampangkulon.

Di Koramil 2202/Palabuhan Ratu, terlihat kesibukan para siswa sekolah yang memanfaatkan layanan WiFii untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara online. “Partisipasi ini dalam rangka ikut mencerdaskan anak bangsa dan menyiapkan generasi emas yang super di masa pandemi Covid-19. Kebetulan Koramil 2202/Palabuhanratu ada WiFii nya, dan dapat dimanfaatkan oleh anak-anak siswa yang memang tidak memiliki paket internet untuk sarana belajar. Semoga program ini dapat bermanfaat dan membantu,” tukas Danramil 2202/Palabuhanratu, Kapten Inf Budi Hadi Priyadi Budi, Senin [10/08/2020]. Budi menyampaikan, program Wifii gratis ini sebagai bentuk kepedulian TNI dalam dunia pendidikan. Dimana saat ini, proses belajar mengajar di hampir semua wilayah dilakukan secara daring.

“Generasi muda adalah aset bangsa yang harus kita jaga dan kita bina, masa depan bangsa dan negara ini tergantung pada generasi mereka yang nantinya sangat berperan untuk mengisi dan membangun bangsa ini. Untuk itu mari kita sama-sama peduli terhadap mereka,” kata nya.

Tak ketinggalan, Kantor Komando Rayon Militer [Koramil] 2213/Jampang Kulon yang di’sulap’ menjadi area belajar mengajar. Mereka terlihat serius belajar online dengan bimbingan para petugas berpakaian dinas.

Penggunaan ruangan dipergunakan pelajar yang tidak memiliki  kuota dan jaringan, terutama saat proses belajar menggunakan metode daring.

berikut video kegiatan belajar online [daring] di Markas Koramil di Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi 
Tidak hanya memberikan pelayanan wiifi gratis, para tentara juga memberikan pinjaman telepon genggam secara cuma-cuma. HP milik tentara ini dipergunakan saat para pelajar mengikuti pembelajaran dengan gurunya.
Apalagi banyak pelajar dari warga kurang mampu tidak memiliki sarana atau HP  tersebut. “Selain itu, kami meminjamkan HP kami  saat mereka belajar. Terutama anak dari keluarga yang masih kurang beruntung,” kata Pjs Danramil 2213 Kapten Arm Witono.
Naskah & Foto ; Pasiter Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi
Editor ; Redaksi TBO

Artikel ini telah dibaca 170 kali

Baca Lainnya