Polres Bangka Barat

Thursday, 5 April 2018 - 15:07 WIB

1 year yang lalu

Drs. Nasim (Kepala SDN Gandul 2)

Drs. Nasim (Kepala SDN Gandul 2)

Drs. Nasim : Kepala Sekolah dan Guru Komponen Penting Dalam Keberhasilan Pendidikan

TB-Online, Sekolah Dasar Negeri di kota Depok ini masih belum lengkap sarana dan prasarana terutama ruang kelas baru (RKB) untuk kelengkapan siswa belajar dimana masih adanya sekolah masuk siang hari. Dengan kondisi tersebut tidak menghalangi kami untuk tetap bersemangat berjuang demi kemajuan pendidikan di kota Depok.

Hal itu diungkapkan Kepala SDN Gandul 2, Drs. Nasim diruang kerjanya baru-baru ini. Menurutnya, “ Bangunan SDN Gandul 2 perlu RKB, karena masalah lahan yang sempit seluas 1230 M², jika ada bantuan dari pemerintah maka RKB dibangun tingkat diatas bangunan kelas yang sudah ada. Mudah-mudahan akan terlaksana pada masa yang akan datang,” harapnya..

“ Masih kurangnya tenaga pengajar karena banyak yang pensiun, sementara jumlah murid sebanyak 473 tidak sebanding dengan jumlah guru yang berjumlah 9 orang dan beberapa guru honor, ini adalah salah satu kendala yang dialami, sementara animo masyarakat daftar ke sekolah itu cukup besar, yang kami harapkan kepada pemerintah kota Depok untuk mencukupi kebutuhan sekolah.

SDN Gandul 2 Beralamatkan di Jl. Kompleks BPK V Gandul , Cinere, Kota Depok, masih memiliki akreditasi B, dan sebagian kelas memakai kurikulum 2013, dilihat dari prestasi akademik dan non akademik, yang menonjol adalah prestasi ekskul, baru-baru ini sekolah SDN Gandul 2 mengantongi juara III O2SN di tingkat kecamatan.

“ Kami belum bisa bicara banyak ditingkat kota maupun propinsi, namun kami tetap optimis satu masa akan dapat prestasi diatas tingkat kecamatan,” ujar Nasim berharap. Kelulusan siswa tahun lalu yang dapat melanjutkan ke sekolah negeri berkisar 50% atau setengahnya dari peserta UN yang lulus, selebihnya ke berbagai sekolah swasta dan ke daerah lainnya. “Untuk menunjang penguatan pendidikan di sekolah ini, para guru mengikuti peningkatan kualitas dengan mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan, seminar, workshop dan bersertifikasi. “ Pengarahan yang diberikan Dinas Pendidikan kota Depok dilakukan setiap seminggu sekali, mengevaluasi kinerja dalam pelaksanaan KBM.

Kepala sekolah dan guru merupakan komponen penting dalam keberhasilan pendidikan, kepala sekolah yang mensupervisi guru, sementara guru yang secara langsung berinteraksi dengan siswa dalam melakukan pembelajaran dituntut untuk lebih aktif.

“ Kami harus lebih baik kedepannya memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, dan diharapkan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat dan orangtua bersinergi dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan khususnya di kota Depok ini, “ katanya.

freddy

Artikel ini telah dibaca 328 kali

Baca Lainnya