Nasional

Minggu, 15 Agustus 2021 - 17:53 WIB

2 bulan yang lalu

Warga Ungkap Versi Lain Penyebab Tragedi Kebakaran di Manunggal Lama Sungai Durian

TBOnline [KOTABARU] — Musibah kebakaran yang terjadi di wilayah Desa Manunggal Lama, tepatnya di Jalan Pamukan (RT 04) Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, Kalsel, yang mengakibatkan 7 rumah hangus terbakar, pada Minggu (08/08/2021) pukul 01.00 Wita, menjadi cerita tersendiri bagi Maulana, salah satu warga yang rumah dan harta benda nya ikut hangus dalam musibah kebakaran tersebut.

Maulana mengisahkan pada malam sesaat sebelum kejadian, sekitar pukul 12.44 Wita dini hari, ia tengah berbaring di tempat tidur.

“Pada pukul 01.00 Wita, selang beberapa menit terdengar suara orang minta tolong, dikira ada orang yang berkelahi atau pencuri, setelah keluar rumah ternyata terlihat api sudah membesar, sedangkan posisi rumah saya berada di tengah-tengah rumah yang lebih dulu terbakar,” kenang Maulana.

Maulana, salah satu korban tragedi kebakaran di Desa Manunggal Lama, Kecamatan Sungai Durian, Kotabaru, yang mengungkap dugaan lain penyebab kebakaran pada Minggu, 8 Agustus 2021 lalu (Foto : Tbo)

Menurutnya tidak masuk akal bila api berasal dari korsleting listrik, justru ada hal yang mengganjal di hati nya, yakni keberadaan sepeda onthel yang berjarak kurang lebih 1 meter dari tempat kejadian.

“Itu lah yang menjadi tanda tanya (keberadaan sepeda onthel) karena tidak mungkin ada api kalau tidak ada pemicunya,” kata Maulana,

Yang lebih mencurigakan lagi ialah ketika Maulana bersama beberapa warga mencoba memadamkan api dengan cara menyiram dengan air. Aneh, karena ketika disiram api justru semakin membesar.

“Diduga ada bahan kimia yang terkandung dalam kobaran api tersebut,” batin Maulana.

Kecurigaan Maulana terkait bahan kimia dalam tragedi kebakaran di Desa Manunggal Lama pada Minggu (08/08/2021) lalu, hingga berita ini naik belum dikonfirmasi ke pihak kepolisian.

Bupati Kotabaru H. Sayyed Jafar saat menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di Desa Manunggal Lama, Kecamatan Sungai Durian, Kotabaru (Foto : Tbo)

Sementara, satu hari paska kejadian kebakaran ini, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar bersama rombongan mendatangi lokasi dan menyerahkan bantuan sebesar Rp20 juta yang diterima Usman Kades Manunggal Lama, selain itu pihak BPBD Kotabaru melalui Plt. Johanuddin juga memberikan sumbangan sebesar Rp5.200.000. Pihak Dinas Sosial Kotabaru melalui Kadis Nurviza juga menyalurkan bantuan bagi warga korban kebakaran ini. Run

Artikel ini telah dibaca 146 kali

Baca Lainnya