Berita Daerah

Jumat, 11 Maret 2022 - 20:18 WIB

5 bulan yang lalu

Warga Desa Simpang Tiga gotong royong memperbaiki jembatan yang nyaris ambruk karena longsor di musim penghujan (Foto : Tbo)

Warga Desa Simpang Tiga gotong royong memperbaiki jembatan yang nyaris ambruk karena longsor di musim penghujan (Foto : Tbo)

Warga Gotong Royong Perbaiki Jembatan, BPBDPK Pandeglang Rilis Jembatan Putus

TBOnline, PANDEGLANG | Jembatan Suryanen yang menjadi penghubung warga Desa Simpang Tiga menuju arah Kecamatan Patia, kondisinya nyaris ambruk akibat longsor di musim penghujan saat ini, hal ini lah yang  mendorong Kepala Desa H. M. Nur Saputra mengajak warga bergotong royong memperbaiki jembatan tersebut, pada Kamis (10/03/2022).  

Warga Simpang Tiga memperbaiki jembatan secara swadaya (foto : tbo)

“Setelah melihat kondisi jembatan yang nyaris ambruk, kemudian kita inisiatif mengumpulkan warga untuk bergotong royong memperbaikinya secara swadaya,” tutur M. Nur.Salah seorang warga Simpang Tiga menuturkan bahwa tanah yang menjadi penahan beban jembatan yang memiliki panjang 20 meter dan lebar 4 meter ini nyaris longsor sehingga dikhawatirkan jembatan akan ambruk. 

“Harapan kami instansi terkait segera membangun jembatan ini secara permanen,” katanya.  

Sebelumnya, banjir merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Pandeglang, Banten, hingga menyebabkan dua jembatan putus, masing-masing berada di Kampung Kadujangkung, Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi dan jembatan di Kampung Sindangresmi, Desa Ciherang, Kecamatan Picung.

Jembatan di Pandeglang putus akibat banjir (foto : dtk)

“Iya benar dua buah jembatan penghubung warga desa dilaporkan terputus. Akibat bencana banjir dan longsor,” kata Rahmat Zultika, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglag, Selasa (1/3/2022).

Sementara itu, jembatan gantung di Kampung Sindangresmi terputus karena terbawa oleh air sungai. Selain berdampak pada jembatan, banjir menyebabkan ratusan rumah terendam. Dilansir dari detikcom, berikut jumlah wilayah yang terendam banjir di Kabupaten Pandeglang : 8 kampung di Desa Citeureup-Kecamatan Panimbang, 2 kampung di Desa Kalanganyar-Kecamatan Labuan, 2 desa di Kecamatan Cigeulis dan 1 desa di Kecamatan Pagelaran. Ahda

Artikel ini telah dibaca 772 kali

Baca Lainnya