Headline Satu Komando

Minggu, 4 April 2021 - 18:31 WIB

1 bulan yang lalu

Sinergitas TNI/Polri Amankan Pelaksanaan Ibadah Paskah di Kota dan Kabupaten Bogor

TBOnline [SATU KOMANDO] — Dalam rangka memperingati wafatnya Isa Al-Masih yang dirayakan umat kristiani sebagai Hari Paskah, dan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga yang merayakannya, maka terdapat instruksi Panglima TNI dan Kapolri kepada jajaran TNI/Polri untuk melaksanakan pengamanan pada gereja-gereja.

Terkait hal ini, jajaran TNI/Polri wilayah hukum Kota dan Kabupaten Bogor melaksanakan pengamanan di beberapa titik gereja.Untuk memastikan kesiapan personil dalam mengamankan jalannya ibadah Paskah, Wakapolda Jabar didampingi Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi meninjau langsung kegiatan pengamanan ini, yang dilakukan terlebih dahulu dengan menggelar Apel Kesiapan Patroli Gabungan TNI-Polri yang dipimpin Dan Wing 4 Kol Pnb Margono di Mako Polresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah-Kota Bogor,

Dalam amanatnya, Kol Pnb Margono menyampaikan agar TNI/Polri selalu menjaga sinergitas, adapun terkait pengamanan pelaksanaan ibadah Paskah, Dan Wing 4 mengingatkan agar dalam melaksanakan pengamanan seluruh aparat gabungan TNI-Polri tetap menjaga keamanan diri.

“Jangan sampai lengah termasuk di dalam berkendaraan dengan tidak melalaikan tugas dan tanggungjawab,” ujarnya.

Usai melaksanakan apel gabungan, Wakapolda Brigjen Pol Eddy Soemitro Tambunan bersama Danrem 061/SK didampingi Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan, Dan Wing 4 Kol Pnb Margono, Dan Grup C Paspampres Kol Mar Rio Sukamto, Danpusdikzi Letkol czi Burhannudin, Wakapolresta Bogor AKBP M. Arshal serta Wadanmen 2 Pelopor AKBP Raip dan juga Denpom III/1 Bogor Kapten Cpm Samuel langsung mengunjungi Gereja HKBP Paledang dan Zebouth.

Dalam kunjungan di Gereja HKBP Paledang di Jl. Paledang, No.15, RT02/RW 01, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, rombongan diterima langsung Pendeta Sitomorang. Sementara kegiatan Ibadah Paskah (Minggu Paskah) di Gereja HKBP dilakukan secara live streaming dengan jemaat lebih kurang 120 orang.

Kemudian Danrem bersama Wakapolda dan rombongan menuju ke Gereja Zebouth di jl. Ir. H. Juanda No.3, RT04/RW01, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah-Kota Bogor, dan disambut oleh Pendeta Deni. Di Gereja Zebouth kegiatan Ibadah Paskah (Minggu Paskah) juga dilakukan secara live streaming dengan jemaat lebih kurang 100 orang.

Selain mengunjungi Gereja HKBP Paledang dan Gereja Zebouth, Danrem bersama Wakapolda dan rombongan mengunjungi gereja di wilayah hukum Kabupaten Bogor, yaitu Gereja Katholik (Paroki Keluarga Kudus) yang berada di Jln. Raya Tapos, No 31, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong-Kabupaten Bogor, disini rombongan disambut langsung oleh Romo Ari Priayatno, Wakil Gereja Paroki Keluarga Kudus, serta Kapolres Bogor AKBP Harun, Dansat Brimob Kombes Pol Yuri Karsono, Romo Wahya Pemimpin Ketua Gereja Paroki, Kabagops Polres Bogor Kompol Fitra Juanda, Danramil 2102/Cibinong Kapten Kav La Ahmadin serta Kapolsek Cibinong AKP I Kadek Vemil.

Sedangkan unsur pengamanan yang terlibat antara lain anggota Koramil Cibinong, Sat Sabhara, Sat Reskrim Polres Bogor, Sat Intelkam Polres Bogor 2 Personil, Gabungan Polwan Polres Bogor, serta Bhabinkamtibmas.

Kegiatan Ibadah Paskah (Minggu Paskah) di Gereja Paroki Keluarga Kudus dilakukan secara tatap muka dengan jemaat lebih kurang 800 orang dan Gereja Kristus dengan dihadiri lebih kurang 100 orang.

Dalam kunjungannya tersebut Wakapolda bersama Danrem dan rombongan memberikan ucapan selamat menyelenggarakan ibadah paskah.

Dalam kesempatan ini, Danrem pun secara pribadi dan atas nama jajaranya juga mengucapkan selamat melaksanakan ibadah Paskah, dengan harapan semoga dalam perayaan ini Tuhan akan memberikan kedamaian untuk semua umatnya.

Danrem juga mengingatkan pentingnya menjaga sinergitas dan solidaritas antar umat beragama, tentunya hal itu untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kepada jemaat untuk tetap waspada, namun tidak perlu khawatir karena jajaran TNI dan Polri siap untuk mengamankan jalannya Ibadah Paskah. Selain itu kepada umat kristiani yang tengah menjalankan Ibadah Paskah di gereja, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Danrem.

Usai melaksanakan Kunjungan di Gereja Katholik Paroki Keluarga Kudus, kemudian rombongan menuju ke Gereja Kristus Cibinong, di Jln Raya Jakarta Bogor, KM 42,5, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong-Kabupatren Bogor.

Naskah & Foto : Penerangan Korem 061/SK

Editor : Andih (Digoel)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya