Headline Polres Bangka Barat

Kamis, 1 Maret 2018 - 10:58 WIB

4 tahun yang lalu

MTS AL-HUSNA DEPOK

MTS AL-HUSNA DEPOK

Simulasi UNBK di MTs AL Husna Depok

TB-Online, Depok Waktu Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) semakin dekat, berbagai kegiatan yang berkaitan dengan UN ini dilaksanakan di setiap sekolah menengah di seluruh Indonesia. Tak ketinggalan di kota Depok, sejumlah sekolah negeri maupun swasta ikut melaksanakan UN yang dimana pemerintah saat ini menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer  (UNBK),  dan  ujian tertulis telah ditinggalkan mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan tekhnologi.

Menurut Drs. Edi Suhaedi, Kepala Sekolah Mts Al Husna mengatakan dalam menghadapi UNBK atau Computer Based Test (CBT) tahun 2018, seluruh siswa peserta ujian mengikuti simulasi UNBK , sebanyak 163 siswa diwajibkan mempelajari penggunaan komputer yang dipakai sebagai media ujiannya. “Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional Paper Based Test (PBT) atau berbasis kertas atau  yang selama ini sudah berjalan,” ujarnya kepada Target Buser Online beberapa waktu lalu.

Diketahui, Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah sistem ujian menggunakan sistem semi-online artinya soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload). “ Kami sudah siap mengikuti UNBK sesuai aturan pemerintah,” tuturnya.

4 mata pelajaran yang di ujikan dalam ujian nasional tingkat SMP. Diantaranya adalah Mata Pelajaran Matematika, Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,  Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), aplikasi simulasi UNBK offline sebagai bahan belajar di rumah.,  tanpa koneksi internet sama sekali. Yang dibutuhkan hanya sebuah laptop atau komputer. “Jika tidak punya komputer bisa pinjam sama teman yang sudah punya atau pergi ke warnet sebentar,” katanya.

Selanjutnya sekolah yang memiliki 595 murid ini, didirikan tahun 1983 dan dibangun diatas lahan seluas 1400 m2 dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al-Husna, telah menelurkan bibit-bibit generasi Islam sebanyak 25 Angkatan, saat ini menggunakan kurikulum 2013 dan mengantongi Akreditasi A, merupakan salah satu sekolah Islam pilihan di wilayah Depok. Berbagai kegiatan di MTs Al Husna baik akademik maupun non akademik memiliki prestasi tersendiri. Prestasi menonjol adalah ekskul pramuka dan pernah mewakili kota Depok untuk lomba pramuka tingkat propinsi.

Pendidikan Karakter

Dalam rangka pembentukan iman dan akhlak siswa, pendidikan karakter yang meliputi pendidikan Moral, Pendidikan Nilai, Pendidikan Relijius, Pendidikan Budi Pekerti, dan Pendidikan Karakter itu sendiri. “ Pendidikan memiliki dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar (smart), dan membantu mereka menjadi manusia yang baik (good).  Islam dalam penyempurnaan akhlak tergolong amat baik,” paparnya.

Khususnya di sekolah Islam pendidikan memperdalam nilai-nilai ritual Islam yakni pendekatan diri kepada Allah SWT, otomatis membentuk kepribadian yang baik dan benar dan menjadi pintar, setiap siswa memiliki problem moral dengan karakter yang terbentuk dari lingkungan keluarga. “ Pendekatan persuasif serta bertindak bijak dari pendidik, karena etika moral adalah merupakan persoalan akut yang mengiringi kehidupan manusia kapan dan di mana pun, karena masa usia tingkat SMP adalah usia remaja yang masih labil, ” katanya. (Freddy/Aswan)

 

Artikel ini telah dibaca 3509 kali

Baca Lainnya