Nasional

Senin, 26 Juli 2021 - 08:04 WIB

2 bulan yang lalu

Potensi Pariwisata Teluk Aru Sangat Besar, Namun ‘Masih’ Minim Perhatian

TBOnline [KOTABARU] — Wisata Teluk Aru yang terletak di Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang sekian lama mati suri, perlu didukung semua pihak agar bangkit karena potensi nya yang luar biasa, karena dari perintisan awal sejak 2013 hingga tahun 2016, salah satunya sudah berdiri panggung tempat hiburan rakyat.

Untuk diketahui khususnya yang ada di 4 kecamatan, Kecamatan Pulau Laut Barat, Pulau Laut Tanjung Selayar, Pulau Laut Selatan dan Pulau Laut Kepulauan, wisata Teluk Aru yang berada di Pulau Laut Kepulauan sangat berpotensi bila dibandingkan wisata lain yang ada.“Wisata Teluk Aru dengan pantai pasir putihnya sepanjang 2 Km dan di daratan ada wisata mangrove, ditambah lagi dengan pesta adat yang disebut “Pellesuang Manu” yang biasanya digelar pada Agustus oleh pemerintah daerah, sekaligus Acara Kate Race,” ungkap Kades Sudarman, Minggu (25/07/2021).

Memang diakui selama 2 tahun ini acara adat berupa “Pellesuang Manu” tidak dilaksanakan karena situasi keadaan pandemi, tutur Sudarman.

Untuk pengelolaan Pantai Wisata Teluk Aru ini diserahkan ke BUMDes yang dibentuk pada 2021 ini.

“Terbukti dengan di kelolanya wisata Teluk Aru, para pengunjung berdatangan untuk berwisata, sambil mandi air laut, fasilitas pemandian pun sudah ada, ditambah dengan dibukanya kafe tempat makan dan minum,” sebut nya.

Untuk itu, lanjut Sudarman, pemerintah desa sesegera mungkin akan membangun rumah inap bagi tamu, sekarang sudah ada dua pintu, dan di tahap ke II ini segera akan ditambah lagi, dan ada 20 buah tempat berjualan dan itu akan segera dibangun.

Oleh sebab itu harapan Kades Sudarman, semoga pemerintah daerah melalui dinas pariwisata bisa memperhatikan sehingga wisata yang ada akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Teluk Aru yang ada di Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru.“Semoga dengan dibukanya Wisata Teluk Aru, akan mampu memberikan apa yang diharapkan setiap pengunjung, terutama kenyamanan dan keamanan bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat Wisata Desa Teluk Aru ini,” kata Sudarman mengakhiri. Run

Artikel ini telah dibaca 65 kali

Baca Lainnya