Kabupaten Sukabumi

Minggu, 27 September 2020 - 08:46 WIB

4 bulan yang lalu

Posko Peduli Bencana KS2U, Jejak dan Rekam Kemanusiaan Para Goweser

TBOnline [SUKABUMI] — ‘Pray For Cicurug’ atau diterjemahkan sebagai ‘Berdoa Untuk Cicurug’, menjadi pesan empati bagi para pecinta sepeda (goweser) yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Sukabumi Utara (KS2U) atas musibah banjir bandang yang terjadi di sebagian wilayah Kecamatan Cicurug-Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan sosial membantu meringankan beban dan duka korban bencana banjir bandang Cicurug ini merupakan bakti KS2U terhadap kemanusiaan. Duka mereka (para korban bencana) merupakan duka kita juga,” kata Satria Cepi Ketua KS2U, yang dijumpai bersama para anggota komunitas usai menyalurkan bantuan, di Posko Peduli Bencana KS2U, Sabtu (26/9) malam.

Sebagai wadah bagi puluhan komunitas gowes di wilayah Sukabumi Utara, kerja sosial KS2U bagi korban bencana alam banjir ini, kemudian direalisasikan dengan mendirikan Posko Peduli Bencana KS2U di Kampung Pangkalan, RT2/RW2, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug.“Banyaknya partisipasi goweser dari berbagai tempat yang tergabung dalam KS2U serta dukungan donasi pihak lain, yang menitipkan amanat kepada kami untuk menyalurkan berbagai bantuan sosial ini. Alhamdulillah, inisiatif KS2U ini banyak didukung berbagai pihak. Sehingga kita kemudian mendirikan posko yang berada dekat dengan lokasi bencana agar memudahkan distribusi bantuan,” kata Cepi.

Humas KS2U, Asep Jawa menambahkan bantuan sosial yang diberikan komunitas sepeda ini dilakukan secara door to door langsung ke korban bencana.“KS2U menyalurkan bantuan berdasarkan kebutuhan korban, yang kita inventarisir langsung secara door to door. Ke depan KS2U juga berinisiatif akan ikut membantu pembangunan insfrastruktur yang rusak akibat banjir bandang ini,” imbuh Asep.

Ditambahkan Asep, semua spot bencana banjir bandang yang terjadi di Cicurug dan wilayah lain sudah dimasuki Tim KS2U, sebagai reaksi cepat tanggap bencana.

“Ada beberapa medan dan titik lokasi bencana yang sulit dijangkau, karena banyaknya material yang rusak dan menutupi akses akibat tersapu banjir bandang,” jelas Asep.

Selama ini KS2U memang dikenal sebagai komunitas pecinta sepeda yang kerap melakukan berbagai kegiatan amal dan bakti sosial. Didirikan pada tahun 2017 sebagai wadah silaturahmi berbagai komunitas gowes, KS2U dalam perjalanannya banyak melakukan kegiatan kemanusiaan, selain bantuan bagi korban bencana alam banjir di Cicurug ini, sebelumnya pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H/2020 M, KS2U juga menginisiasi berbagai kegiatan sosial dan amal, seperti santunan bagi yatim dan jompo.“Ini semua merupakan inisiatif seluruh anggota komunitas. Untuk itu atas nama KS2U, kami menghaturkan banyak terimakasih atas bantuan dan suport yang diberikan selama ini, baik oleh anggota komunitas maupun dari pihak lain yang sama-sama memiliki kepekaan sosial. Salam Kemanusiaan, KS2U Ngahiji,” pungkas Satria Cepi. M. Rizwan /(Joy)

Artikel ini telah dibaca 1024 kali

Baca Lainnya