Berita Daerah

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 06:58 WIB

2 bulan yang lalu

Budidaya Ikan Monesek sebagai salah satu program padat karya tunai desa (PKTD) Subur Makmur, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru (Foto : Tbo)

Budidaya Ikan Monesek sebagai salah satu program padat karya tunai desa (PKTD) Subur Makmur, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru (Foto : Tbo)

PKTD di Desa Subur Makmur, Budidaya Nila Monesek Menyongsong Panen

TBOnline [KOTABARU] — “Setelah bibit ikan Nila Monesek ditabur dalam keramba yang berukuran awal 22x 42, kemudian sekitar dua bulan lalu dilepas dan dimasukkan ke tempat embung yang memiliki kedalaman hampir 4 meter sebanyak 25.000 bibit, kita yakin dan optimis usaha budidaya ikan ini akan berhasil,” demikian disampaikan Kades Subur Makmur, Syaipudin Zohri ketika menjelaskan perkembangan kegiatan PKTD di desa nya.

Lanjut Zohri, ukuran ikan nila ketika pertama kali ditabur seukuran 4 hingga 5 jari dengan usia sekitar 2 sampai 6 hari, dan pada saat berusia 4 atau 5 bulan, Zohri yakin sudah dapat dipanen.

Ikan Nila Monesek yang berada dalam embung tengah diberi pakan (Foto : Tbo)

“Apalagi dengan perawatan intensif dengan memberikan umpan 1 hari 3 kali hingga kadang lebih, sesuai apa yang disampaikan oleh penjual bibit Ikan Nila Monesek dari Martapura, Banjarbaru. Insya Allah PKTD yang dilaksanakan Pemdes Subur Makmur akan berhasil, dan nantinya pada saat panen akan mengundang jajaran Pemerintah Daerah Kotabaru bersama SKPD, khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan,” tutur Syaipudin Zohri.

Untuk berat Ikan Nila Monesek yang sesuai dengan pasar, menurut Zohri sekitar 4 hingga 5 ekor untuk 1 kg nya. Karena bila terlalu besar akan sulit dipasarkan di rumah makan.

“Intinya, ke depan Pemdes Subur Makmur, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kotabaru, akan menambah dan menganggarkan kembali PKTD berupa budidaya Ikan Nila Monesek untuk tahap kedua, karena embung yang kita miliki ada 3 dan baru 1 yang digunakan,” jelas Syaipudin Zohri.

Harapannya semoga saat pelaksanaan panen Ikan Nila Monesek, Bupati H. Sayed Jafar dan Wakil Bupati Andi Rudi Latif dapat hadir, dan turut menyaksikan keberhasilan program padat karya tunai desa (PKTD) di Subur Makmur. Run

Artikel ini telah dibaca 158 kali

Baca Lainnya