Berita Polisi

Senin, 9 Agustus 2021 - 18:01 WIB

2 bulan yang lalu

Aparat gabungan melakukan rapat persiapan dalam operasi penertiban tambang ilegal di wilayah Tanjung Kelabat, Senin (09/08/2021) - (Foto : Tbo)

Aparat gabungan melakukan rapat persiapan dalam operasi penertiban tambang ilegal di wilayah Tanjung Kelabat, Senin (09/08/2021) - (Foto : Tbo)

Personil Gabungan ‘Kepung’ Teluk Kelabat, Bakal Tindak Aktivitas Tambang Ilegal

TBOnline [POLDA BABEL] — Tim gabungan TNI/Polri melakukan penertiban aktivitas Ti Tower dan Ti Selam di kawasan laut Teluk Kelabat Dalam yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bangka dan wilayah laut Tanjung Rhu, Desa Bakit, Parittiga, yang merupakan wilayah Bangka Barat, pada Senin (09/08/2021).Sebelum menggelar penertiban, tim gabungan TNI Polri terlebih dahulu melakukan apel kesiapan personil dipimpin Karo Ops Kombes Pol Sinar Matogu Manurung, di lokasi parkir Pelabuhan Mantung, Belinyu.

Dalam arahan nya, Karo Ops menyampaikan bahwa kegiatan hari ini ialah melakukan patroli dan himbauan kepada penambang yang melakukan kegiatan di tempat atau lokasi yang dinyatakan ilegal.

“Karena saat ini PT. LSM mempunyai IUP yang dianggap legal, namun masih juga akan ada pantauan seandainya ponton isap (PIP) beroperasi lebih dari ketentuan yang berlaku, maka akan di tindak tegas. Apalagi yang melakukan aktifitas di tempat-tempat ilegal, karena sampai saat ini PT. Timah tidak lagi mengeluarkan SPK, maka kalau ada para penambang yang membandel akan diberi arahan untuk tidak bekerja di tempat yang ilegal, namun kalau masih juga tetap membandel akan diambil tindakan tegas, dikumpulkan dan akan di beri garis polisi agar mereka tidak bisa bergerak,” ujar Sinar Matogu.

Ia melanjutkan kegiatan penertiban ini akan dilakukan selama satu minggu sesuai sprint yang dikeluarkan.Pantauan TBO, ada sekitar 170 anggota personil gabungan yang diterjunkan untuk penertiban ini, diantaranya anggota Polda Babel, Polres Bangka Barat, Polres Bangka, Kodim Bangka Barat, Kodim Bangka dan TNI AL. Andi Mulya

Artikel ini telah dibaca 426 kali

Baca Lainnya