Berita Polisi

Kamis, 2 September 2021 - 17:24 WIB

1 bulan yang lalu

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah saat menyerahkan penghargaan kepada Bripka Eni Kusrini atas dedikasi yang tinggi dalam tugas, penghargaan ini diberikan bertepatan dengan Hari Jadi Polwan Ke-73 Tahun 2021 (Foto : Hms)

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah saat menyerahkan penghargaan kepada Bripka Eni Kusrini atas dedikasi yang tinggi dalam tugas, penghargaan ini diberikan bertepatan dengan Hari Jadi Polwan Ke-73 Tahun 2021 (Foto : Hms)

Penghargaan Istimewa AKBP Dedy Darmawansyah, Inilah Polwan Terbaik Polres Sukabumi

TBOnline [POLRES SUKABUMI] — Di Hari Jadi Kepolisian Wanita (Polwan) RI Ke-73 Tahun 2021 ini ada apresiasi tinggi yang diberikan AKBP Dedy Darmawansyah, Kapolres Kabupaten Sukabumi (Polda Jabar), kepada salah satu srikandi Polri di jajarannya yang dianggap sukses dalam menjalankan tugas.

“Ia layak diberi apresiasi dan penghargaan sebagai Polwan terbaik atas dedikasi dan kinerjanya yang sangat baik dalam menjalankan tugas,” kata AKBP Dedy Darmawansyah.

Wanita istimewa ini adalah Bripka Eni Kusrini, yang bertugas langsung dengan segudang permasalahan sosial di masyarakat sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Cikembar, Polsek Cikembar, Polres Kabupaten Sukabumi. Tugas ini tentu tidak dapat dipandang sebelah mata, sebagai seorang ibu dengan 3 orang anak, Bripka Eni dituntut dapat membagi waktu diantara kewajiban mengurusi rumah tangga dan melayani masyarakat binaannya di Cikembar.

Bripka Eni Kusrini, Bhabinkamtibmas Desa Cikembar, saat berdialog dengan warga binaannya (Foto : Hms)

“Saya sangat senang bertugas menjadi seorang Bhabinkamtibmas karena saya bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan setiap orang dan saya menjadi banyak pengalaman, jabatan Bhabinkamtibmas merupakan tantangan tersendiri, bersyukur saya memiliki suami yang mengerti akan tugas-tugas saya,” ujar Eni, yang memiliki suami seorang TNI ini.

Jabatan Bhabinkamtibmas yang identik dengan polisi pria, nyatanya dijalankan Eni dengan penuh tanggung jawab. Setiap hari tanpa mengenal waktu, ia melaksanakan tugas selaku Bhabinkamtibmas Desa Cikembar, mulai dari sambang, silaturahmi, pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, bahkan terlibat aktif dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul di desa binaannya.

Bhabinkamtibmas Desa Cikembar, Bripka Eni Kusrini, langsung memberikan bantuan kepada warga binaan yang membutuhkan (Foto : Hms)

Saat bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, Bripka Eni Kusrini mengenang satu peristiwa yang sulit ia lupakan, ketika dirinya harus turun tangan menyelesaikan persoalan warga yang kedapatan mengintip seorang wanita yang sedang mandi.

“Sebagai seorang wanita tentu saya merasa kesal dan marah dengan kelakuan warga ini, namun sebagai seorang polisi dan pembina desa saya harus mengesampingkan perasaan saya dan Alhamdulillah masalahnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan,” kenang Eni sambil tersenyum.

Bripka Eni Kusrini, Bhabinkamtibmas Desa Cikembar, saat menghadiri langsung pemakaman warga binaan yang positif covid 19 dengan menggunakan protokol kesehatan (Foto : Hms)

Apalagi di musim pandemi covid 19 ini tugas Eni sebagai Bhabin tentu tidak kalah berat, karena dirinya dituntut aktif terlibat dalam setiap agenda penanganan covid 19 di wilayahnya, dari mulai pendisiplinan masyarakat agar patuh menerapkan protokol kesehatan, monitoring bansos, tracer covid, pengawalan vaksin bahkan menghadiri setiap pemakaman warga yang positif covid 19.

Untuk itu, di Hari Jadi Polwan Ke 73 ini, Bripka Eni Kusrini mengajak kepada sesama kolega polisi wanita (Polwan) untuk tidak ragu apabila ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas di desa.

Bripka Eni Kusrini, Bhabinkamtibmas Desa Cikembar memperlihatkan penghargaan yang diberikan Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah (Foto : Hms)

“Karena jadi Bhabin seperti saya ini, bisa melayani masyarakat secara langsung. Itulah tantangannya,” pungkas Eni.

Naskah & Foto : Humas Polres Sukabumi

Narasi : Redaksi TBO

Artikel ini telah dibaca 1357 kali

Baca Lainnya