Nasional

Minggu, 22 Agustus 2021 - 05:02 WIB

2 bulan yang lalu

Pemdes Gemuruh Salurkan BLT-DD IV Bagi Warga Terdampak Pandemi Covid 19

TBOnline [KOTABARU] — Seiring dengan adanya pembatasan di masa pandemi saat ini, banyak masyarakat yang takut bekerja, termasuk yang terjadi Kecamatan Pulau Laut Barat saat PPKM Mikro diberlakukan. Salah satu harapan warga menghadapi kondisi ini ialah bantuan sosial yang dialokasikan melalui dana desa atau BLT-DD.Seperti penyaluran BLT DD di Desa Gemuruh, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kotabaru, Kalimantan Selatan, pada Jum’at (20/08/2021) yang disambut suka cita warga.

“Terkait warga penerima BLT-DD Gemuruh sudah di data dan dialokasikan pada APBDes 2020 dan baru disahkan tahun 2021, daftar awal pertama 58 orang dan itu sesuai hasil verifikasi yang dilaksanakan masing-masing RT yang ada di Gemuruh,” ujar Kades Gemuruh, Usman.

Ditambahkan Usman, terdapat surat edaran yang menerangkan penerima BLT boleh ditambah dan boleh dikurangi, maka bagi warga yang mempunyai KTP sebagai penduduk Desa Gemuruh, tapi tidak tinggal di Gemuruh, terpaksa tidak bisa mendapatkan BLT-DD.

“Jadi apa yang sudah dilaksanakan Desa Gemuruh dalam pembagian BLT-DD, semuanya sudah melalui proses dan verifikasi, artinya sesuai dengan koridor yang ditetapkan melalui Musdes,” jelasnya.

Petrus Sitorus, salah seorang pendamping dalam penyaluran BLT DD Gemuruh menerangkan dengan adanya penambahan dan pengurangan warga penerima BLT DD, maka kepala desa mengambil kebijakan untuk lebih memprioritaskan warga yang betul-betul tidak mampu.

“Sebelum kebijakan diambil oleh kepala desa, maka dibuat berita acara, jadi tentunya sudah diputuskan melalui rapat dan ditandatangani bersama, selanjutnya hasil verifikasi tadi disampaikan pihak desa ke kecamatan,” kata Petrus.Dalam proses penetapan warga penerima BLT DD, Pemdes Gemuruh menggelar Musdes yang dihadiri pihak kecamatan, Babinsa, Polsek, BPD, pendamping juga seluruh RT. Run

Artikel ini telah dibaca 157 kali

Baca Lainnya