Nasional

Selasa, 17 Agustus 2021 - 12:31 WIB

2 bulan yang lalu

Pemdes Bungkukan Kelumpang Barat Laksanakan PKTD Tanam Jagung dan Keramba Apung

TBOnline [KOTABARU] — Desa Bungkukan, Kecamatan Kelumpang Barat, Kabupaten Kotabaru, Kalsel melaksanakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan menanam jagung dan budidaya keramba apung ikan nila, pada Senin (16/08/2021).

“Dalam situasi perekonomian yang tidak menentu akibat pandemi ini, warga Desa Bungkukan melaksanakan aktivitas untuk menjaga stabilitas ekonomi di tengah warga dalam PKTD dengan program tanam jagung dan keramba apung,” jelas Kades Bungkukan Abdus Salam.

Lanjut Abdus Salam, saat ini telah diusahakan lahan seluas 7 hektar untuk jagung dan keramba apung yang akan dikerjakan dengan pagu anggaran sebesar Rp85 juta.

“Dimulai dari perintisan lahan, pembersihan hingga bisa ditanami ditambah dengan perawatan sampai menghasilkan buah hingga panen,” kata Abdus Salam.

Saat Pemdes Bungkukan menggelar rapat di Kecamatan Kelumpang Barat, untuk membagi luas lahan, maka dari luas 7 hektar untuk tanam jagung hanya dilaksanakan di atas lahan seluas 3 hektar, sedangkan sisa nya dilakukan dengan melaksanakan keramba apung ikan nila.

“Karena kita melihat potensi dari jagung dan keramba apung ikan nila, disamping itu lahan pertaniannya juga dekat dengan air utamanya bantaran sungai,” tukas nya.

Untuk keramba apung ikan nila, Pemdes Bungkukan melaksanakan diatas lahan 6×9 meter ditambah dengan kedalaman 1,5 meter, dengan bibit yang direncanakan dari dinas perikanan setempat.

“Untuk bibit awal idealnya melihat ukuran yang ada adalah 10 ribu, namun diralat DPMD dan disetujui hanya 2000 bibit ikan nila, alasannya bila 10.000 kebanyakan,” sebutnya.

Diketahui pagu anggaran dalam program PKTD ini sebesar Rp85 juta ditambah dengan biaya pupuk dan bibit sebesar Rp44 juta. Keputusan ini dilaksanakan setelah hasil rapat bersama Camat Kelumpang Barat. Run

Artikel ini telah dibaca 138 kali

Baca Lainnya