Nasional

Selasa, 19 Januari 2021 - 17:44 WIB

1 bulan yang lalu

Pembangunan Sosial Budaya, Ekonomi dan Infrastruktur Jadi Fokus Musrenbangdes KurungKambing Tahun 2021

TBOnline [PANDEGLANG] — Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2021 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2022, sukses digelar pihak Pemdes dan BPD KurungKambing, Kecamatan Mandalawangi-Kabupaten Pandeglang, Selasa (19/01/2021).Hadir dalam Musrenbangdes ini unsur Muspika Mandalawangi, Bhabinkamtibmas Polsek Mandalawangi, Babinsa, Pendamping Desa Kurung Kambing (Kholidin, Reja, Aliyudin) Bidang Pemberdayan, BPD dan tokoh masyarakat setempat.

Dari dokumen yang diterima TBO, dalam Musrenbangdes ini, Pemdes Kurung Kambing memaparkan hasil pembangunan pada tahun 2020 lalu, terdapat 5 kegiatan yang terealisasi, diantaranya betonisai jembatan, paving block, sarana air bersih (SAB), tembok penahan tanah (TPT) dan BLT Dana Desa(DD), dimana terdapat sebanyak 115 keluarga penerima manfaat (KPM).

Dalam kesempatan ini, Kades Udin Saepudin menyampaikan terdapat beberapa item pembangunan yang diadakan dalam anggaran tahun 2020 dan hanya ada beberapa item yang dapat direalisasikan karena anggaran pembangunan dialihkan untuk penanganan COVID 19.

“Banyak kegiatan yang tidak terelisasikan di tahun 2020, namun Insya Allah akan kita coba untuk dimasukan dalam anggaran tahun 2021 sesuai usulan di musyawarah tingkat dusun (Musdus) nanti,” ungkap Udin.Sementara, PMD Kecamatan Mandalawangi, Aryadi mengatakan ada beberapa usulan yang akan di uraikan di tingkat kecamatan, yang terbagi dalam 3 bidang yaitu bidang sosial dan budaya, ekonomi serta infratruktur.

“Semua usulan agar bisa disusun dengan baik dan akan diperjuangkan di Musrenbangcam. Semua usulan di susun dan disepakati dalam musyawarah hari ini Selasa (19/01/2021) agar bisa diperjuangkan di Musrenbangcam nanti,” ujar Aryadi.

Ketua BPD Kurung Kambing, Suyono pun berterimakasih atas lancarnya kegiatan Musrenbangdes 2022 ini.

“Saya berharap usulan prioritas yang disampaikan masyarakat bisa terealisai meski nanti secara bertahap. Alhamdulilah kegiatan Musrenbangdes ini berjalan lancar, saya berterimakasih kepada jajaran Pemdes Kurung Kambing dan tokoh masyarakat atas dukungan dan kerja samanya. Semoga hasil musyawarah ini bisa di susun di tingkat kecamatan dan terealisasi, meski nantinya direalisasikan secara bertahap,” tukas Suyono. SS. Munandar/Abi

Artikel ini telah dibaca 167 kali

Baca Lainnya