Nasional

Minggu, 28 Februari 2021 - 09:27 WIB

5 bulan yang lalu

Pantau Penyebaran COVID19, Desa Semaras Dirikan Posko PPKM Berbasis Mikro

TBOnline [KOTABARU] — Menindaklanjuti Intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 3 Tahun 2021, Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan COVID19 di tingkat desa dan kelurahan. Pemerintah Desa Semaras, Kecamatan Pulau Laut Barat-Kabupaten Kotabaru melaksanakan rapat untuk melaksanakan instruksi ini, pada Kamis (25/02/21).

Rapat dipimpin langsung Kades Semaras H. Bambang, dan dihadiri Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pihak Kesehatan, Tokoh masyarakat dan agama serta seluruh stakeholder Desa Semaras.“Dengan dibentuknya Posko Penanganan dan Penanggulangan COVID19 ini, maka semua perangkat desa benar-benar dapat menjalankan tugas, sehingga kesehatan seluruh warga masyarakat terpantau dengan baik, juga diharapkan pada yang bertugas dapat melaporkan dengan cepat bila ada warga yang terserang seperti batuk, pilek. Jangan sampai dibiarkan. Selain itu setiap tamu yang keluar masuk Desa Semaras harus mengisi buku tamu yang ada,” kata H. Bambang.

Kades Semaras menjelaskan pendirian posko ini memperhatikan instruksi untuk pengendalian penyebaran COVID19 serta memperhatikan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Permenkeu Nomor 222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021, dan Intruksi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dalam Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat Skala Mikro di Desa, juga Surat Edaran Kementerian Keuangan Nomor SE-2/PK/2021, Tentang Penyesuaian Pengguna Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021 Untuk Penanganan Pandemi COVID19. M. Badrun

Artikel ini telah dibaca 62 kali

Baca Lainnya