Nasional

Kamis, 4 Maret 2021 - 08:27 WIB

5 bulan yang lalu

Musrenbang Tak Dihadiri SKPD, Wakil Ketua DPRD Kotabaru Beri Catatan Kritis

TBOnline [KOTABARU] — Musrenbang Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2022 yang dilaksanakan di Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kabupaten Kotabaru, yang seyogianya dihadiri 18 SKPD terkait nyatanya hanya 6 SKPD dari pemerintah daerah yang hadir, pada Rabu (03/03/21).

Musrenbang yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Drs. H. Mukhni. MM, pihak BAPPEDA, Danramil, Kapolsek yang diwakili Bhabinkantibmas serta KUA ini dibuka Camat Pulau Laut Selatan H.M. Yusup. S. Pd.Hadir juga seluruh kepala desa dari 8 desa yang ada di Kecamatan Pulau Laut Selatan, seluruh BPD, Puskesmas, Kepala Sekolah, Pendamping Desa dan semua Stakeholder Forkopincam Pulau Laut Selatan.

“Dalam Permendagri No. 86 Tahun 2017, Pasal 7 Huruf b, disana terdapat poin yang menyatakan bahwa partisipasi pemangku kebijakan, dimana kehadiran SKPD terkait dalam setiap pelaksanaan Musrembang,” ujar Wakil Ketua DPRD H. Mukhni mengungkapkan kekecewaan atas ketidakhadiran beberapa SKPD.

Ditambahkan H. Mukhni, pentingnya kehadiran SKPD karena berbagai usulan yang disampaikan pemerintah desa dalam Musrenbang harus diakomodir dengan baik karena untuk kemajuan pembangunan yang ada di desa.“Contohnya, dari 8 desa yang hadir dalam mengikuti Musrenbang ini terdapat 123 usulan, dan itu tidak bisa terjawab dengan baik bila pemangku kebijakan tidak hadir,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru memberikan catatan agar ke depannya seluruh SKPD terkait hadir dalam setiap pelaksanaan Musrenbang.

Sementara itu, Camat H.M. Yusup.S. Pd menjelaskan meski tanpa kehadiran SKPD, Musrenbang tetap berjalan dengan baik.

“Terkait ketidakhadiran SKPD yang sudah di undang dalam Musrenbang ini, tidak menjadi hambatan dalam menindaklanjuti usulan pembangunan, harapan kita dan Insya Allah pihak BAPPEDA juga sudah menyampaikan hal ini,” pungkas camat. M. Badrun

Artikel ini telah dibaca 116 kali

Baca Lainnya