Headline Kabupaten Sukabumi

Minggu, 20 Desember 2020 - 10:11 WIB

7 bulan yang lalu

Mimpi Dede Mistar di Pembangunan Agro Wisata Gunung Wayang

TBOnline [SUKABUMI] — Semburat jingga mentari senja memancar tipis, memedar kehangatan lokasi wisata bertajuk Agro Wisata Gunung Wayang, yang terletak di bentang alam Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal-Kabupaten Sukabumi, di penghujung sore, Sabtu (19/12/2020).

Dede Mistar (kanan) Kepala Desa Gunung Endut, di lokasi Agro Wisata Gunung Wayang (Foto : TBO)

Meski masih dalam proses pembangunan, destinasi wisata dengan pintu masuk berupa tugu yang di desain ukir menyerupai lekuk tubuh gunung wayang ini sudah menjadi lokasi favorit para warga, setidaknya sudah banyak orang muda mengabadikan momen indah dengan latar belakang keindahan alam di tempat ini.

Agro Wisata dengan latar belakang Gunung Wayang yang indah (Foto : TBO)

Alam khas pedesaan memang menjadi daya tarik lokasi wisata seluas lebih kurang 8 hektar yang akan menjadi habitat ribuan pepohonan hias dan buah ini.

Staf BUMDES Gunung Endut menunjukan salah satu bibit pohon buah di lokasi Agro Wisata Gunung Wayang (Foto : TBO)

“Yang sudah kita tanam ada ribuan bibit buah-buahan seperti jeruk, jambu kristal, lengkeng, nangka, sirsak, alpukat, mangga, durian dll,” jelas Dede Mistar, Kepala Desa Gunung Endut.

Bibit buah ini ada yang didapat dari masyarakat sekitar, ada juga yang dibeli dari luar.

Salah satu gazebo di lokasi Agro Wisata Gunung Wayang (Foto : TBO)

Bagi Dede, agro wisata ini adalah mimpi besarnya demi menanamkan identitas desa sekaligus bisa mengangkat perekonomian warga nya.

Tugu selamat datang bertuliskan Agro Wisata Gunung Wayang (Foto : TBO)

“Nanti nya akan kita bangun pujasera dengan berbagai gerai makanan termasuk wisata air dan berbagai jenis hiburan yang memanjakan pengunjung, jadi seperti wisata agro terpadu. Nantinya masyarakat kita bisa bekerja dan berusaha disini, jadi sumber mata pencaharian,” kata Dede.

Pengembangan Agro Wisata Gunung Wayang yang sudah dimulai Dede sejak 2017 ini mengandalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Gunung Endut sebagai lokomotif pembangunan.

“Pembangunannya digerakan BUMDES, karena tujuannya memang dari, oleh dan untuk masyarakat,” ujar kades muda bergaya nyentrik ini.Pembangunan yang diproyeksikan Dede Mistar selesai pada tahun 2022, dengan alokasi anggaran senilai Rp2 Miliar lebih ini memang dikerjakan secara bertahap.

“Tergantung keuangan desa saja,” singkatnya.

Untuk itu, Dede berharap pemerintah baik kabupaten, provinsi dan pusat dapat membantu pengembangan Agro Wisata Gunung Wayang ini.“Bila dibantu pendanaan dengan maksimal, proses pembangunan akan cepat selesai. Saya yakin agro wisata ini sangat potensial mengangkat perekonomian warga juga PAD bagi Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. ***

Artikel ini telah dibaca 1286 kali

Baca Lainnya