Nasional

Senin, 19 April 2021 - 10:51 WIB

3 minggu yang lalu

Hasil Pilkades Magalau Hulu Ditolak, Warga Minta Pemilihan Ulang

TBOnline [KOTABARU] — Hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Magalau Hulu, Kecamatan Kelumpang Barat, Kabupaten Kotabaru, yang dilaksanakan pada 8 April 2021 kemarin, berujung penolakan warga.

“Dimana dalam pelaksanaan pilkades dengan 5 orang calon tersebut, berdasarkan petisi yang disampaikan warga Magalau Hulu, meminta supaya dilaksanakan pemilihan ulang, karena dari jumlah pemilih yang hadir mencoblos sebanyak 539 suara terdapat jumlah suara tidak sah sebanyak 232,” ujar Duharui, tokoh masyarakat Magalau Hulu, Sabtu (17/04/21).

Ditambahkan Duharui, terdapat warga di 5 RT yang menandatangani petisi penuntutan dilaksanakannya pemilihan kepala desa ulang Magalau Hulu.

“Berdasarkan surat suara rusak tersebut maka RT01, RT02, RT04, RT05 dan RT06 melayangkan petisi yang dilengkapi dengan tandatangan warga meminta dilaksanakan pemilihan ulang,” kata Duharui mewakili warga.Kesimpulan isi petisi masyarakat Desa Magalau Hulu terdapat dalam 5 poin, salah satunya berbunyi bahwa panitia Pilkades Magalau Hulu tidak mencontohkan tata cara pencoblosan surat suara sah dan tidak sah pada calon pemilih, baik dengan gambar yang terpasang di papan Informasi maupun dengan melakukan simulasi dilapangan.

“Surat petisi penolakan hasil Pilkades dan permintaan dilaksanakan pemilihan ulang ini sudah disertai bukti pendukung dan dikirim ke Camat, Panwaslu, DPMD dan ditembuskan kepada pemerintah daerah (bupati) serta DPRD Kotabaru,” kata Duharui.

Menurutnya warga tidak mempersoalkan menang kalahnya, tapi yang diinginkan warga masyarakat agar kepala desa terpilih nanti benar-benar mampu membangun desa sehingga hasilnya dapat dinikmati seluruh warga masyarakat Desa Magalau Hulu.Berdasarkan rekaman video visual yang diterima TBO, diketahui masyarakat tidak bisa menerima hasil Pilkades, karena diduga kertas suara terakhir dibuka tidak transparan, sehingga menimbulkan pertanyaan besar bagi pemilih, bahkan salah seorang dari 5 calon kepala desa yang menang 1 suara pun memberikan tanggapan dan berkomentar di hadapan seluruh warga menggunakan pengeras suara bahwa inilah pemilihan kepala desa terburuk.

Diketahui dalam Pilkades Magalau Hulu terdapat 5 calon kandidat kepala desa, masing-masing : Burhan (nomor urut 1) dengan perolehan 84 suara, Wahyudi (nomor 2) dengan 57 suara, Heri Suko Luhur Purnomo (nomor urut 3) dengan 83 suara, Medy Jetley (nomor urut 4) dengan 56 suara dan Abdullah D (nomor urut 5) dengan perolehan 27 suara. M. Badrun (bersambung)

Artikel ini telah dibaca 257 kali

Baca Lainnya