Headline Metropolitan

Selasa, 24 Agustus 2021 - 13:25 WIB

2 bulan yang lalu

Kuasa hukum korban banjir Jakarta, Sugeng Teguh Santoso, memberikan keterangan pers sesaat sebelum mendaftarkan gugatan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan di PTUN Jakarta (Foto : Tbo)

Kuasa hukum korban banjir Jakarta, Sugeng Teguh Santoso, memberikan keterangan pers sesaat sebelum mendaftarkan gugatan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan di PTUN Jakarta (Foto : Tbo)

Gugat Gubernur Anies di PTUN, Sugeng Teguh Santoso : Pemprov DKI Tidak Melaksanakan Perpres dan Perda Terkait Normalisasi Sungai

TBOnline [JAKARTA] — Tim Advokasi Solidaritas Banjir Jakarta, resmi melayangkan gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke PTUN Jakarta, hari ini Selasa (24/08/2021).

Sugeng Teguh Santoso, salah satu kuasa hukum korban banjir ketika dijumpai di Gedung PTUN Jakarta, menyampaikan bahwa akibat tidak melaksanakan amanat Perpres No.2/2015, RPJMD DKI, Perda No.1/2014 dan Perda No.1/2012 yang mewajibkan Pemprov DKI dalam hal ini melaksanakan kegiatan normalisasi sungai, maka terjadi banjir yang banyak merugikan warga DKI Jakarta pada Februari 2021 lalu.

“Gugatan ini sebetulnya bersifat meminta Pemprov DKI Jakarta melaksanakan kewajiban sesuai Perpres dan Perda tentang normalisasi sungai, karena Pemprov DKI seperti sengaja tidak melaksanakan ketentuan dan peraturan tersebut. Kita ketahui hal ini ketika Wagub DKI Jakarta ditanya oleh media, kemudian menyatakan bahwa kami (Pemprov DKI Jakarta) tidak menganggarkan kembali normalisasi sungai,” kata Sugeng.

Sugeng Teguh Santoso, kuasa hukum korban banjir saat di wawancarai awak media di PTUN Jakarta (Foto : Tbo)

Akibat kebijakan ini, lanjut Sugeng, beberapa warga korban banjir yang ada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengadu ke pihak nya.

“Sebelumnya kami sudah mengajukan keberatan administratif namun tidak ditanggapi Pemprov DKI, kemudian melakukan banding ke Kemendagri tidak ada tindaklanjut, akhirnya sekarang menggugat ke PTUN,” jelas Ketua IPW ini. Andih & Ilham

Artikel ini telah dibaca 435 kali

Baca Lainnya