Nasional

Senin, 21 Juni 2021 - 08:43 WIB

1 bulan yang lalu

FWM Baksel Kecam Aksi Oknum Yang Mengaku Wartawan

TBOnline [LEBAK] — Forum Wartawan Malingping Lebak Selatan (FWM Baksel) mengambil sikap atas adanya aduan dari masyarakat yang merasa resah akibat keberadaan oknum yang mengaku wartawan di wilayah Lebak Selatan.

Hal tersebut dituangkan dalam deklarasi pernyataan sikap FWM Baksel, pada Minggu (20/06/2021).

Dalam pernyataan sikap itu, FWM Baksel mengutuk keras aksi oknum-oknum yang mengaku wartawan namun berprilaku preman seperti mengancam akan menerbitkan berita negatif apabila narasumber tidak mengabulkan permintaan sejumlah uang yang mereka minta.

Anggota FWM Baksel (Lebak Selatan) saat berdiskusi terkait keberadaan oknum mengaku wartawan di wilayahnya (Foto : Ade KS/TBO)

“Mengingatkan kepada oknum-oknum tersebut agar tidak lagi melakukan aksi-aksi tak terpuji ini dengan menjual profesi jurnalis di wilayah tugas kami. Karena hal itu sangat merusak marwah pers dan citra jurnalis,” kata Kusnadi, Ketua FWM Baksel.

Jika hal serupa terulang kembali di wilayah tugas kami, maka kami tidak akan segan-segan melaporkannya kepada aparat penegak hukum.

“Mengimbau kepada masyarakat agar berani melapor kepada aparat penegak hukum apabila diperlakukan seperti itu oleh oknum-oknum tersebut,” tegas Kusnadi, saat membacakan deklarasi pernyataan sikap.

Kusnadi berharap kehadiran pers di wilayah Lebak Selatan berjalan sesuai dengan fungsinya, yakni sebagai penyampai edukasi, memberikan informasi-informasi bermanfaat yang dibutuhkan oleh masyarakat serta mampu melaksanakan kontrol sosial guna mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.

“Sehingga, kehadiran pers dapat turut memperbaiki keadilan di negeri ini,” pungkasnya. Ade KS

Artikel ini telah dibaca 113 kali

Baca Lainnya