Nasional

Senin, 19 Oktober 2020 - 09:50 WIB

3 hari yang lalu

Duduh Dzulkifli : FOSSBI dan Kebangkitan Sepakbola Kota Sukabumi

TBOnline [KOTA SUKABUMI] — Jika menggunakan klasifikasi dalam dunia olahraga khususnya sepakbola, usia dan performanya memang sudah jauh dari produktif. Masa keemasannya sebagai pemain pun sudah tinggal kenangan. Namun, hatinya tidak bisa jauh-jauh dari lapangan sepakbola, ia memiliki cita dan impian besar dalam membangun dan mengembangkan olahraga rakyat ini.

Duduh Dzulkifli di Lapangan Stadion Suryakencana Kota Sukabumi (Foto: Joy)

Dialah Duduh Dzulkifli, mantan pemain Perssi Kota Sukabumi era 80 dan 90 an, yang sekarang menjabat sebagai Ketua FOSSBI (Forum Sekolah Sepakbola Indonesia) Kota Sukabumi.

Melalui FOSSBI inilah kini Duduh berkiprah membangun sepakbola di Kota Sukabumi. Dijumpai TBO saat meninjau anak-anak usia dini berlatih sepakbola di Stadion Suryakencana, Dayeuhluhur, Warudoyong-Kota Sukabumi, Minggu (18/10/2020), Duduh menjelaskan bagaimana cikal bakal lahir nya FOSSBI serta tujuan utama pembentukannya.FOSSBI yang berdiri pada 2019 lalu, menurut Duduh sebagai wujud komitmen insan sepakbola dalam pengembangan olahraga ini, khususnya bagaimana menemukan bakat dan bibit potensial di Kota Sukabumi.

“Kita bersama rekan-rekan yang mencintai olahraga ini, mencoba mencari akar masalah mengapa sepakbola di Kota Sukabumi khususnya, perkembangannya belum maksimal. Nah, dari sini kita inventarisir, salah satu penyebab dan solusinya ialah bagaimana kita meng-create SSB agar lebih profesional dan lebih mengembangkan potensi pada anak usia dini,” katanya.

Lewat FOSSBI yang saat ini menaungi 8 SSB di Kota Sukabumi, Duduh ingin mengembalikan gairah dan animo warga dan pemerintah Kota Sukabumi kepada sepakbola.

“Untuk merealisasikan hal ini, yang pertama kita lakukan ialah menyamakan persepsi dan pandangan diantara anggota FOSSBI. Kita rumuskan bersama-sama dulu, bagaimana membangun satu impian dalam membesarkan sekolah sepakbola,” jelas Duduh.

Kalender FOSSBI di tahun 2020 ini, ialah akan menuntaskan database dan menginventarisis kemudian meregistrasi semua anak didik yang terdapat di SSB.“Terus terang tahun ini kegiatan FOSSBI tidak banyak, karena terbentur dengan pandemi covid 19. Kalau di tahun 2019 kemarin, kita sempat menggelar 2 kali festival dan 1 kali kejuaran FOSSBI,” imbuhnya.

Harapan Duduh ke depan, ialah bagaimana semua SSB di Kota Sukabumi dibawah FOSSBI memiliki manajemen dan kurikulum yang baik, kemudian bersama-sama stakeholder bisa menyelenggarakan kompetisi dan pertandingan reguler, sehingga kemampuan dan skill pemain semakin terasah

“Pekerjaan rumah FOSSBI memang banyak dan tidak mudah, terkadang selera masyarakat terhadap sepakbola juga grafiknya fluktuatif, misalnya ketika booming U 19 lalu, gairah terhadap sepakbola memuncak. Nah, kita ingin passion ini terus terjaga. Untuk itu memang diperlukan kerjasama baik dari pemerintah, swasta dan warga masyarakat itu sendiri. Ini tantangan bagi FOSSBI ke depan,” ulasnya.

Pemerintah Kota Sukabumi sendiri, menurut Duduh bukan tidak ada perhatian, namun memang belum optimal dalam membangun sepakbola.

“Maka melalui FOSSBI inilah kita bangun kembali olahraga yang dicintai sebagian besar masyarakat ini, khususnya di Kota Sukabumi. Ayo kita wujudkan prestasi Kota Sukabumi, khususnya dalam olahraga sepakbola ini,” tutupnya. M. Rizwan (joy)

Artikel ini telah dibaca 208 kali

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A
Baca Lainnya