Bangka Belitung

Jumat, 5 Februari 2021 - 19:56 WIB

6 bulan yang lalu

Dipicu Aksi Penusukan, Warga Bakit Bongkar Paksa ‘Gubuk’ Penambang Teluk Kelabat Dalam

TBOnline [BANGKA BARAT] — Seratusan warga Desa Bakit, Kecamatan Parittiga-Kabupaten Bangka Barat, membongkar paksa gubuk atau pemukiman sementara para penambang (TI Apung) yang berada di seputar Tanjung Rhu, dan biasa menambang di Teluk Kelabat Dalam, Jum’at (05/02/21) sore.

Aksi pembongkaran ini diduga dipicu keresahan warga, atas kejadian penusukan sesama penambang pada 2 hari lalu.

“Keributan berujung penusukan sesama pekerja TI Apung terjadi 2 hari lalu di rumah kost di Dusun Belembang, Desa Bakit, saat itu korban penusukan dibawa ke Puskesmas,” ungkap sumber TBO di lokasi.

Aksi penusukan inilah, yang kemudian membuat warga Desa Bakit resah dan mengambil tindakan dengan membongkar pemukiman atau gubuk para penambang.

“Warga sudah berkumpul sejak jam empat sore, kemudian pembongkaran dilakukan jam setengah lima hingga menjelang maghrib,” ungkapnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Bakit menambahkan bahwa sebelumnya pihak penambang (TI Apung) sudah diberikan peringatan, namun masih membandel.

“Kami tidak melihat aparat berwenang mengambil tindakan tegas terkait aktivitas tambang di Teluk Kelabat Dalam ini. Sedangkan harapan kami Laut Kelabat Dalam harus bersih dari penambangan, karena disini merupakan zona tangkap ikan, apalagi jelang imlek biasanya nelayan menangkap ikan dan udang di teluk ini, namun kini sudah tidak bisa menjaring lagi, terumbu karang pun pasti sudah rusak,” katanya. Fani Tamzona

Artikel ini telah dibaca 476 kali

Baca Lainnya