Nasional

Jumat, 9 Oktober 2020 - 15:21 WIB

4 bulan yang lalu

Diduga Tak Berizin, Aktivitas Bongkar Kayu Bulat di Pelabuhan ‘Tikus’ Dapur 12

TBOnline [BATAM] — Aktivitas pelabuhan tikus di Kota Batam khususnya di Pelabuhan Sagulung Dapur 12, Kelurahan Sei Pelunggut, semakin meningkat dan pesat dengan berbagai aktivitas perdagangan dan bongkar muat.

Ironis, disaat pemerintah pusat gencar menutup lokasi-lokasi tersebut yang merupakan pelabuhan tidak resmi (sering disebut pelabuhan tikus) karena dampak nya yang merugikan negara, aktivitas di pelabuhan ‘hitam’ ini terus berputar, bahkan kerap digunakan sebagai tempat transaksi dan penyuludupan barang berbahaya dan dilarang undang-undang.

Pantauan TBO, pada Kamis (8/10/20) terlihat KM. Putri Diana 1 dengan GT. 34 melakukan bongkar muat ratusan batang kayu bulat dan kayu balok kaleng, yang menurut pengakuan warga, di pelabuhan milik Pak Ikop alias Pak Pendek.

Kayu yang dibongkar memiliki diameter sekitar 40 cm dengan panjang 4 meter.

Seorang checker  yang mengawasi aktivitas bongkar muat dilokasi, mengaku tidak mengetahui persis status perizinan aktivitas ini.

“Pemilik semua kayu ini Pak Alam, silahkan abang temui aja Pak Alam, untuk kejelasan perizinannya saya tidak tahu pasti bang, tapi setahu saya semua lengkap,” ujarnya sembari mencatat jumlah kayu di buku catatan.

Disinggung asal kayu, Asna terkesan plin-plan menyebutkannya.

“Kalau tidak salah kayu berasal dari Selat Panjang atau Tanjung Batu,” tukasnya.

Sementara itu, Alam sang pemilik usaha menampik jika aktivitas nya tidak mengantongi izin.

“Itu resmi dan saya super sibuk. Tunggu lah kalau mau lihat perizinannya. Dan lagian, saya tak punya urusan dengan media,” kilah nya.

Ditempat terpisah, Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kota Batam, Ainah menegaskan jika KSOP Batam tidak ada menerbitkan izin bongkar muat tersebut.

“Pelabuhan Dapur 12 termasuk pelabuhan pengumpan dimana kewenangannya ada di Dishub Kota, kalau dari KSOP Batam tidak ada izinnya,” jelas Ainah melalui pesan WhatssApp.

Disinggung tentang pelabuhan mana yang dimaksud dengan pelabuhan pengumpan, Ainah belum menjawab. Taufik

Artikel ini telah dibaca 124 kali

Baca Lainnya