Headline Laporan Utama Nasional

Senin, 22 Januari 2018 - 09:32 WIB

3 tahun yang lalu

Foto Rehab Gedung Pemda Kab. Way Kanan
(Inzet : Bupati Way Kanan)

Foto Rehab Gedung Pemda Kab. Way Kanan (Inzet : Bupati Way Kanan)

Way Kanan “Kota Tanpa Berita ?”

TB Online, Way Kanan

Way Kanan, kabupaten di Provinsi Lampung yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan konon sejak lama memintas kengerian dibenak para pengendara yang melewati jalur lintas sumatera (jalinsum) di bagian timur. Kontur alam Way Kanan dengan bekapan lebat pepohonan karet dan kelapa sawit, berjejalan disorot penerangan minim menambah imaji lelaku kriminal yang menjadi cerita apik diatas jalanan lengang kota ini.

Target Buser tiba di Bandar Udara Raden Inten II tepat disaat secerah cahaya pagi memedar kota Bandar lampung, Selasa, 16 Januari 2018. Dari sini, perlu sekitar 4 jam perjalanan darat untuk sampai ke Kecamatan Blambangan Umpu, ibukota Kecamatan Way Kanan. “Abang turun di RM Pancoran Mas, saya menunggu disana,” pesan seorang rekan perwakilan Target Buser diwilayah Lampung. Perjalanan penat selama lebih kurang 4 jam pun terbayar ketika kami tiba di RM Pancoran Mas, tepatnya di Desa Tanjung Raja Sakti, Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan. Perjamuan makan dengan aneka hidangan khas Way Kanan beserta buah durian penutup, mengiringi  tidur pulas dipenghabisan hari yang cukup melelahkan ini.

Esok harinya, Rabu, 17 Januari 2018 selesai bersantap pagi, kami bersiap mengunjungi komplek perkantoran Pemkab Way Kanan. Dari RM Pancoran Mas, tidak sampai 30 menit kami sudah tiba dimulut perkantoran terpadu Pemkab Way Kanan ini. Sebuah patung mencolok dipersimpang lima milik pahlawan nasional kelahiran Way Kanan, Lampung, Mayjen Musannif Ryacudu, ayahanda Menhan Ryamizard Ryacudu berdiri megah mencolok menyambut kami, kesempatan berfoto dan mengabadikan tugu monumental ini pun sayang untuk dilewatkan.

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menurut staf protokoler yang kami jumpai sedang tidak berada ditempat. “Bapak sedang dinas luar,” katanya. Karena komplek perkantoran Pemkab Way Kanan berada dalam lingkup terpadu, kami pun menyempatkan mengunjungi Polres Way Kanan, Kejaksaan Negeri Way Kanan, Pengadilan Negeri dan DPRD.

Ada pernyataan yang cukup menyayat mendengar pengakuan seorang staf kejaksaan kepada kami. “Way Kanan adem-adem saja, tidak ada yang mencolok, pemberitaan pun sepi-sepi saja,” tukasnya. Kami mencoba menganalisis maksud staf ini dengan beberapa proyek pembangunan yang tengah berjalan di Way Kanan, salah satunya ialah proyek renovasi berat gedung kantor bupati Way Kanan, yang diduga tidak memiliki papan petunjuk proyek (plang-red). “Saya sudah 4 bulan bekerja disini, melanjutkan saja,” cerita seorang pekerja bangunan rehab kantor bupati Way Kanan kepada Target Buser. Ditanyakan prihal tidak adanya papan petunjuk proyek, pekerja bangunan ini mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

Di lansir dari situs LPSE Kabupaten Way Kanan, pekerjaan rehab atau renovasi gedung kantor bupati Way Kanan, hingga kini sudah memasuki tahap ke 4 (empat), dengan nilai total Rp 15 miliar lebih yang diambil dari APBD Kabupaten Way Kanan. Pada tahap ke-3 dialokasikan uang APBD TA 2017 senilai Rp 8 miliar, kemudian pada APBDP TA 2017 ditambah lagi Rp 4,5 miliar.

Bupati Raden Adipati Surya yang dikonfirmasi mengaku sedang dinas luar dan menyarankan Target Buser agar menghubungi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Way Kanan, Satker dalam proyek ini. (bersambung)

Hutabarat/R.I/Apendi/Edi Siswana/Tayyib

Artikel ini telah dibaca 2474 kali

Jangan Lupa Tanggal 9 Desember 2020, Pilih Pasangan AMAN nomor 1 ( Adjo – Iman )
Baca Lainnya