Headline Pariwara

Selasa, 31 Juli 2018 - 14:02 WIB

2 tahun yang lalu

Wartawan dan Aktivis Jadi Caleg DPRD Bangka Barat

“Saya mohon doa restu kepada rekan-rekan semua. Insya Allah bila Allah mengizinkan dan masyarakat memberikan amanah, saya maju sebagai calon wakil rakyat (DPRD) Kabupaten Bangka Barat pada 2019 nanti,” begitulah pesan singkat Fani Tamzona, wartawan Target Buser wilayah Bangka Belitung melalui Group Whats Aap Target Buser pekan lalu”.

 

TB-Online, Bangka Barat – Fani Tamzona, pemuda asal Kota Kecamatan Mentok, Bangka Barat, Bangka Belitung selama ini dikenal eksentrik dan aktif. Dalam kesehariannya ia kerap mengenakan gamis (pakaian khas Timur Tengah -red), sehingga warga sangat mudah mengenali sosoknya. Apalagi aktivitas sosialnya padat dan langsung bersinggungan dengan masyarakat. “Ini seperti panggilan jiwa,” katanya ketika dicecar aksi sosial yang acap ia lakukan. Begitulah Fani, berbicara dengannya seperti tak mengenal jarak, ia bisa cepat akrab dengan siapapun lawan bicara.

Aktivitas pemberitaannya di Target Buser pun beragam dan bernas, apalagi menyangkut hajat hidup warga di Kabupaten Bangka Barat. Berita Fani tidak hanya mengulas urusan politik, hukum dan sosial kemasyarakatan, tetapi juga sejarah, kebudayaan dan potensi alam di Bangka Barat. “Secara tidak langsung ia mempromosikan Bangka Barat, saya pribadi bangga dengannya, ia begitu mencintai tanah kelahirannya,” ujar Ilham Akbar, Pemimpin Redaksi Target Buser.

Selain aktif menulis, Fani Tamzona diketahui juga beraktivitas dalam lembaga peduli lingkungan, bahkan didapuk sebagai Ketua LSM Lingkungan di Bangka Barat. Yang mencolok ialah ketika ia bersama rekan-rekannya menginisiasi penanggulangan banjir di Mentok melalui pengerukan alur sungai. “Kita ajak masyarakat swadaya, karena ini masalah bersama. Syukur Alhamdulillah respon masyarakat positif,” ujarnya.

Selain itu, ia bersama rekan-rekannya dari LSM Peduli Lingkungan juga pernah memberikan advokasi kepada masyarakat Dusun Selindung, Desa Air Putih, Muntok agar hak-hak masyarakat dusun setempat tidak terabaikan akibat penambangan laut. “Kita lahir dan terbiasa hidup dan dibesarkan di lingkungan masyarakat. Wajar jika pengabdian kita hanya untuk masyarakat, apalagi jika kita terpilih menjadi wakil rakyat. Tidak ada kata lain selain pengabdian kepada masyarakat,” tegasnya.

Menurut Fani, motivasinya mencalonkan diri sebagai wakil rakyat ialah berbekal pengalaman berkecimpung ditengah masyarakat selama ini. “Sebagai konsekuensinya saat ini saya sudah mengundurkan diri sebagai Ketua RT, karena itu bagian dari persyaratan. Saya ingin mengabdi lebih luas untuk masyarakat,” ujar Fani yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua RT di Kampung Teluk Rubiah Darat.

Kini atas dukungan masyarakat dan teman-temannya, Fani maju sebagai wakil rakyat Kabupaten Bangka Barat, periode 2019 – 2024 di daerah pemilihan 1 (Dapil 1) yang meliputi Kecamatan Muntok – Simpangteritip. “Saya mohon doa dan dukungannya,” katanya mengakhiri. (Red)

Artikel ini telah dibaca 1389 kali

Jangan Lupa Tanggal 9 Desember 2020, Pilih Pasangan AMAN nomor 1 ( Adjo – Iman )
Baca Lainnya