Wadan Lantamal XIV Buka Latihan LDD Intelejen TNI AL

TB-Online, Sorong, – Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito, S. E., M. M. sebagai Inspektur Upacara (Irup) membuka Latihan Dalam Dinas Intelejen TNI Angkatan Laut bagi anggota di wilayah kerja Lantamal XIV Sorong. Bertugas sebagai Komandan Upacara (Danup) Dantim Intel Lantamal XIV Mayor Laut (E) Herry, S. T., M. T., M. Tr. Hanla dan Perwira Upacara (Paup) Paban Ren Sintel Lantamal XIV Mayor Mar. Mochamad Irfan Hilmy, S. E. Upacara pembukaan Latihan Dalam Dinas (LDD) Intelejen TNI Angkatan Laut wilayah kerja Lantamal XIV ini bertempat di ruang Lobby Mako Lantamal XIV Jl. Puncak Arfak No. 01 Sorong, Papua Barat.

Sambutan Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Rachmad Jayadi, M. Tr. (Han) yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XIV, intinya “Bahwa fungsi azasi Posal adalah sebagai pendeteksi dini dan sebagai badan pengumpul informasi bidang maritim, salah satu upaya untuk mengoptimalkan kinerja Posal dalam rangka melaksanakan fungsi azasinya adalah dengan menyelenggarakan pembekalan dasar ilmu intelejen bagi para Komandan Posal yang akan dilaksanakan hari ini. Tujuan dilaksanakan pembekalan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran, tugas dan fungsi Posal/Pasmat sebagai pengindera dini dan pengumpul data Intelejen maritime”.
Lanjutnya “Pimpinan TNI AL mengeluarkan perintah yang menjadi pedoman bagi para Danposal/Posmat : 1. Memahami permasalahan kemaritiman dan pengembangan potensi kemaritiman di wilayah kerjanya, 2. Mengetahui dan mendukung pembangunan kemaritiman yang akan dilaksanakan pemerintah daerah, 3. Mendorong dan membantu pemerintah daerah untuk menyusun rencana umum tata ruang wilayah maritime di daerahnya, 4. Membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi maritime dengan dukungan survei hidro-oceanografi di wilayah perairannya, 5. Membangkitkan maritime domain awareness di wilayah kerjanya, 6. Memberdayakan mobile market guna mempercepat pembangunan ekonomi di daerah, 7. Mewaspadai tindakan pelanggaran hukum di laut yang akan menjadi awal terbentuknya ancaman terhadap pertahanan dan keamanan Nasional”.

Hadir dalam pembukaan LDD Intelejen tersebut Aspotmar Danlanatamal XIV Kolonel Mar. Jayus, S. H., Asops Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Rapy Ta’dung, S. E., Asintel Danlantamal XIV Kolonel Mar. Rokhman, Asrena Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Giat Pangaribuan, Aspers Danlantamal XIV Letkol Laut (P) Eman Sulaeman, Dansatrol Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Budi Santosa, S. E., Asintel Danpasmar-3 Letkol Mar. Ferdy, Danpomal Lantamal XIV Letkol Laut (PM) Hotmatua, S. H., M. H., para Kadis/Kasatker Lantamal XIV, dan para Bintara serta Tamtama peserta LDD Intelejen. (ad/isk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *