Villa Cigoong Didatangi Warga, Begini Bunyi Perda 15/2023 Soal Pajak dan Retribusi Daerah

Suasana saat warga mendatangi Villa Cigoong, dan berhasil ditenangkan aparat keamanan (Tbo)

TBOnline, SUKABUMI ¦ Villa Cigoong yang berlokasi di Kampung Cigoong (Cidahu Pasar), Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu sore (24/2) lalu sempat didatangi warga yang merasa terganggu akan aktivitas penyewa dari dalam villa.

Saat itu pihak kepolisian dari Polsek Cidahu dan Babinsa setempat berhasil menenangkan situasi dan mendamaikan para penyewa dengan warga yang protes, sementara pemilik villa saat itu sedang tidak berada di tempat. Kades Tangkil Ijang Sehabudin, malam harinya juga mendatangi lokasi villa, setelah mendapat laporan dari warganya. 

Bacaan Lainnya

Informasi terkini, pihak Pemdes Tangkil akan menfasilitasi keluhan warga dengan melakukan musyawarah dengan pemilik villa pada hari ini, Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, informasi yang dihimpun Tbo dari sumber warga setempat, Villa Cigoong pada mulanya digunakan untuk kepentingan keluarga pemilik, namun dalam perjalanannya villa ini kemudian di komersilkan atau disewakan untuk umum.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sukabumi nomor 15 tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, villa termasuk dalam jasa perhotelan. Ini terdapat dalam Pasal 23 Ayat (1) “Jasa perhotelan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 ayat (2) huruf c meliputi jasa penyediaan akomodasi dan fasilitas penunjangnya, serta penyewaan ruang rapat/pertemuan pada penyedia jasa perhotelan seperti : a. hotel; b. hostel; c. vila; d. pondok wisata; e. motel; f. losmen; g. wisma pariwisata; h. pesanggrahan; i. rumah penginapan/guesthouse/bungalo/resort/cottage; j. tempat tinggal pribadi yang difungsikan sebagai hotel; dan k. glamping.”. joy 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *