Kabupaten Sukabumi

Kamis, 31 Desember 2020 - 05:35 WIB

4 bulan yang lalu

Tingkatkan Perekonomian dan Potensi Desa, BUMDes se Kecamatan Cidahu Gelar Pelatihan Manajemen

TBOnline [SUKABUMI] — Pelatihan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (Manajemen BUMDes) dengan Tema : Meningkatkan dan Menciptakan Potensi Perekonomian Desa’ digelar para desa se-Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (30/12/2020).Sebagai nara sumber, hadir Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi Prasetyo, Tenaga Ahli dari Kabupaten Sukabumi dan Ketua Forum BUMDes Kabupaten Sukabumi, serta dihadiri para kepala desa dan Ketua BUMDes se-Kecamatan Cidahu.

Dijumpai usai acara, Andi Ketua BUMDes Babakan Pari mengungkapkan penyelenggaraan bimbingan teknis (bintek) bagi BUMDes se Kecamatan Cidahu ini harapannya agar pada tahun 2021 ke depan, BUMDes dapat menjalankan fungsi seutuhnya dengan menggali seluruh potensi yang dimiliki desa.“Harapan kita BUMDes ini tidak hanya nama, tetapi dapat mendukung peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) sehingga bisa menopang dan meningkatkan perekonomian warga desa,” kata Andi, yang akrab disapa Butoy, yang juga didapuk sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Bintek BUMDes se Kecamatan Cidahu ini.

Dengan pelatihan ini, lanjut Butoy, para Ketua BUMDes maupun BPD dan kepala desa yang hadir, bisa sadar bahwa manajemen itu penting, karena dengan manajemen BUMDes yang baik, maka perencanaan akan terukur sehingga potensi-potensi yang ada di desa bisa tergali, karena setiap desa berbeda potensinya.“Setelah mengetahui potensi desa, maka akan dilakukan perencanaan dan penganggaran yang matang, sesuai dengan kondisi keuangan maupun sumber pendapatan lain yang sah yang diatur dalam perundang-undangan. Seperti yang tadi disebut juga oleh Rudi sebagai Ketua BUMDes Jaya Bakti, kita semua berharap yang tidak paham menjadi paham apa itu pengelolaan BUMDes,” jelas Butoy. M. Rizwan /(joy)

 

Artikel ini telah dibaca 620 kali

Baca Lainnya