Berita Polisi

Rabu, 29 Juli 2020 - 23:05 WIB

3 bulan yang lalu

Tim Gabungan Evakuasi 4 Korban Tanah Longsor di Kampung Dupia Enaritali, Distrik Paniai Timur

TBOnline [POLDA PAPUA] — Bencana Longsor yang mengakibatkan 4 orang meninggal dunia terjadi di Kampung Dupia Enaritali, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Selasa [28/07] sekira Pukul 01.30 WIT.

Berdasarkan informasi dari Otalina Nawipa, salah seorang saksi yang merupakan istri dari korban Zeth Kudiai, ketika itu dirinya sedang tidur di dapur belakang rumah. “Tiba-tiba terjadi longsor dari tebing belakang rumah, dikarenakan hujan deras yang tak kunjung reda,” kata Otalina. Sejurus kemudian ia menyelamatkan diri keluar rumah, sedangkan beberapa anggota keluarga termasuk suaminya Zeth Kudiai masih berada di dalam rumah dan tidak sempat menyelamatkan diri.

Benyamin Zagani, saksi lain menjelaskan bahwa pada Pukul 01.30 WIT awalnya ia mendengar suara angin kencang dan tidak lama kemudian terdengar suara gemuruh dari longsor. “Lalu saya keluar dari rumah dan mendengar suara minta tolong, kemudian saya menuju ke TKP untuk mengecek suara minta tolong tersebut namun melihat rumah sudah roboh dan tertimbun longsor,” sebut nya.

Selanjutnya saksi Benyamin Zagani melakukan pertolongan bersama dengan masyarakat yang ada disekitar TKP, namun pertolongan ini tidak maksimal karena kondisi listrik mati dan hujan lebat.

Kemudian Pukul 06.00 WIT, berlangsung proses pencarian korban longsor yang dilakukan oleh aparat TNI-Polri, BKO Brimob dan Basarnas Kabupaten Paniai dan berhasil menemukan para korban baik di dalam maupun di luar rumah. Kemudian sekira Pukul 08.00 WIT, pencarian korban longsor selesai dilakukan, selanjutnya para korban di evakuasi ke RSUD Paniai.

Adapun identitas korban meninggal dunia akibat bencana longsor ini, yakni: Zeth Kudiai [44], Niko Kudiai [17], Nolin Nawipa [17] dan Nolince  Degei [31]. Sementara korban selamat Oktolina Nawipa [istri Alm. Zeth Kudiai] dan Benyamin Zagani.

Sedangkan kerugian materil sekitar Rp75 juta dan non materi berupa 3 unit rumah rusak.

Kabid Humas Polda Papua Kombes [Pol] Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan bahwa pencarian para korban telah dilakukan oleh tim gabungan TNI-Polri yang dibantu oleh masyarakat setempat. “Bencana tanah longsor ini terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi dari hari Senin hingga saat ini. Kejadian tanah longsor terjadi sangat cepat dan saat kejadian kebanyakan warga sedang terlelap tidur. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati saat hujan deras terutama bagi masyarakat yang bermukim di daerah pegunungan yang rawan terjadi tanah longsor,” tutup Kombes AM Kamal.

Naskah & Foto ; Kombes [Pol] Ahmad Musthofa Kamal [Kabid Humas Polda Papua]  

Editor : Redaksi TBO

Artikel ini telah dibaca 116 kali

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A
Baca Lainnya