Thofik Winanto, Kepala Terminal Segudang Inovasi

0
633
Kegiatan Pembersihan Gorong-gorong saluran air

TB-Online, Jakarta. Untuk mewujudkan kenyaman, ketertiban dan keamanan bagi pengguna jasa angkutan. Kepala Terminal Kampung Rambutan Dalam Kota Thofik Winanto, sudah banyak melakukan inovasi.

Kegiatan pengerukan lumpur yang berada di dalam gorong-gorong terminal dalam kota

Salah satunya, pada Senin (29/1) ketika ia mengajak karyawannya untuk melakukan pembersihan seluruh saluran air yang ada dilingkungan terminal dalam kota. Pasalnya jika musim penghujan, saluran air yang ada dilingkungan terminal sering tersumbat dikarenakan sampah dan lumpur yang menumpuk di dalam gorong-gorong, akibatnya air naik dan menjadikan genangan yang cukup mengganggu aktivitas di lingkungan terminal.

“Selain hari Senin ini, kami rutin Jumsih (Jum’at Bersih) bersama semua karyawan dan warga Terminal Kampung Rambutan, baik yang berada di lingkungan angkutan antar kota maupun dalam kota, dan hal itu telah menjadi kebiasaan kami. Semua itu demi menciptakan kenyamanan di lingkungan terminal,” ungkapnya.

Selain fokus dengan kenyamanan lingkungan, Terminal Kampung Rambutan juga fokus dalam masalah keamanan. “Kami menjadikan semua pedagang mulai dari asongan sampai kios-kios sebagai keluarga besar terminal, maka ketika terjadi masalah kriminal, sebelum kami dan tim keamanan yang menangani, mereka dahulu yang merespon. Disini kurang lebih 500 pedagang kompak, jangan coba-coba melakukan hal kriminal disini,” tegas Thofik.

Kegiatan pelayanan pengobatan gratis untuk semua warga /foto RI

Pengobatan Gratis Bersama Jasa Raharja

Hari berikutnya, Selasa (30/01) Kepala Terminal Thofik Winanto kembali mengadakan pengobatan gratis dengan menggandeng Jasa Raharja. Pantauan Target Buser dilokasi, kegiatan ini mengundang animo besar warga, pengguna jasa angkutan, pedagang, pengemudi sampai kernet.

Menurut Thofik, pihaknya akan melakukan kegiatan pengobatan gratis ini secara berkelanjutan setiap satu bulan, dengan tujuan menekan angka kecelakaan yang masih banyak terjadi di jalan, “Karena dari hasil survey yang dilakukan Jasa Raharja, kecelakaan disebabkan human eror masih tinggi,” tukasnya.

Kiri : Bagus tri (kepala Jasa Raharja Jakarta Timur)
Kanan : Thofik Winanto (Keepala Terminal dalam Kota Kampung Rambutan
Foto : RI/TBO

Sementara itu, Bagus Tri, Kepala Jasa Raharja Jakarta Timur menuturkan ketika pihaknya mendapat pengajuan dari pihak Terminal Kampung Rambutan untuk kegiatan pengobatan gratis, pihaknya langsung menyambut baik. “Hari ini kami membawa dokter lengkap dengan tim kesehatan lainnya sampai dengan mobil ambulan, serta beberapa karyawan Jasa Raharja,” tukas Bagus Tri.

Pengobatan gratis ini sedianya dimulai pukul 09.00 Wib, namun sebelum acara dimulai sudah banyak warga yang datang, sampai kursi yang disediakan panitia pun tidak cukup. Beberapa warga yang telah selesai melakukan pengobatan merasa senang dengan adanya pengobatan gratis ini. Salah satunya Uni, wanita paruh baya, warga Bungur yang sangat merasa puas dengan semua pelayanan yang diberikan. “Semoga kegiatan bermanfaat ini bisa diadakan setiap bulan pak,” katanya.

Kegiatan Pemeriksaan, foto : RI/TBO

Dokter yang bertugas memberikan pelayanan menyatakan  kebanyakan penyakit yang diderita warga berasal dari rokok dan reumatik, maka ia pun menyarankan untuk tidak merokok dan mulailah hidup sehat dengan banyak olahraga, agar kondisi tetap terjaga. Selain itu ada juga beberapa warga yang penyakitnya ditindaklanjuti di rumah sakit. “Setelah kami lakukan penanganan pertama, selanjutnya kami pun memberikan rujukan untuk berobat ke rumah sakit”.

RI/Yudi Iskandar

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of