Berita Daerah

Senin, 20 September 2021 - 00:52 WIB

4 bulan yang lalu

Potensi lokasi wisata pantai Tajong Karama yang berada di Desa Tanjung Seloka, Pulau Laut Selatan, Kotabaru, akan dimaksimalkan dengan PKTD untuk kesejahteraan warga (Foto : Tbo)

Potensi lokasi wisata pantai Tajong Karama yang berada di Desa Tanjung Seloka, Pulau Laut Selatan, Kotabaru, akan dimaksimalkan dengan PKTD untuk kesejahteraan warga (Foto : Tbo)

Terobosan PKTD Pemdes Tanjung Seloka, Kembangkan Wisata Pantai ‘Tajong Karama’ Tingkatkan Ekonomi Warga

TBOnline [KOTABARU] — Tempat wisata ‘Tajong Karama’ yang berada di Desa Tanjung Seloka, Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kabupaten Kotabaru, akan dikembangkan melalui alokasi program padat karya tunai desa (PKTD) yang dikelola BUMDes Tanjung Seloka agar dapat ikut mensejahterakan masyarakat.

Tempat wisata ‘Tajong Karama’ di Desa Tanjung Seloka, bagaikan surga tersembunyi dan akan digarap untuk menggali potensi keindahan alamnya (Foto : Tbo)

“Nama ‘Tajong Karama’ kita percayai sebagai nama yang diberikan orang-orang tua dahulu, pantai ini adalah aset yang sangat potensial bila dikelola secara baik. Makanya nanti kita serahkan pengelolaannya kepada BUMDes melalui PKTD sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga Tanjung Seloka,” kata Kades Tanjung Seloka, Joko Manis, Minggu (19/9/2021).

Diceritakan Joko, dipilihnya wisata ‘Tajong Karama’ untuk PKTD ialah setelah Sekdes Dwi Kurniastuti melaksanakan latihan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dimana Dwi melihat ada salah satu BUMDes yang berhasil mengelola tempat pariwisata dan sangat maju, inilah yang menjadi inspirasi untuk pengelolaan lokasi wisata ‘Tajong Karama’ di Tanjung Seloka,” ujar Joko Manis.

Panorama alam yang indah menjadi daya tarik tempat wisata pantai ‘Tajong Karama’ di Tanjung Seloka (Foto : Tbo)

Karena potensi yang dimiliki ‘Tajong Karama’ sangat luar biasa, keindahan alam dengan pasir putih dan air laut yang jernih ditambah panorama sekitar pantai, kemudian lokasi nya yang jauh dari pemukiman penduduk. “Saya bersama seluruh perangkat desa dan RT telah melakukan musyawarah untuk menetapkan ‘Tajong Karama’ sebagai PKTD Tanjung Seloka yang nantinya akan dikelola BUMDes. Kita mencari terobosan baru dalam upaya meningkatkan perekonomian warga,” ungkap Joko.

Pemdes Tanjung Seloka sudah mempunyai tekad dan planning untuk memajukan desa dengan meningkatkan pemberdayaan, nanti kita akan bekerjasama dengan BUMDes dalam pengelolaan tempat wisata ini, semuanya akan di desain sedemikian baik termasuk tempat parkir bagi kendaraan.

Ditambahkan Sekdes Dwi Kurniastuti, untuk memulai pengembangan lokasi wisata ‘Tajong Karama’ ini dianggarkan dana sebesar Rp314.431.000., yang mencakup pembuatan gazebo dan lokasi permainan seperti ayunan dll. Kemudian di bangun juga warung apung yang dilengkapi kamar mandi dan MCK. Insya Allah tahun berikutnya akan dibangun musholla.

“Setelah anggaran nya nanti keluar maka kita akan buatkan tugu selamat datang yang diberi nama ‘Tempat Wisata Tajong Karama’. Sedangkan askes jalan menuju lokasi wisata ini sudah selesai dikerjakan dengan panjang 1,5 KM dan lebar 6 M dari jalan poros desa sampai ke lokasi wisata,” ujar Dwi.

Menurutnya, tujuan utama pengembangan lokasi wisata ini adalah untuk peningkatan PAD Pemdes Tanjung Seloka dan juga warga masyarakat, di samping itu juga bagi warga yang ingin rekreasi tidak perlu jauh mencari tempat wisata. Nantinya kata Dwi, juga akan dibangun satu stand oleh-oleh khas Tanjung Seloka. Run

Artikel ini telah dibaca 609 kali

Baca Lainnya