Oase

Rabu, 7 Oktober 2020 - 15:13 WIB

2 minggu yang lalu

ILUSTRASI - Pengolahan limbah atau sisa hasil produksi (foto : ist)

ILUSTRASI - Pengolahan limbah atau sisa hasil produksi (foto : ist)

Tanya Jawab Hukum Bersama Dudung Badrun SH., MH : Kontribusi Perusahaan dan Pengolahan Limbah

Kepada Yth,
Advokat Dudung Badrun
di
Jakarta

Mohon pencerahan terkait kontribusi perusahan dan pengelolaan limbah
perusahaan?

Hormat kami

Ipik Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.


Jawaban H. Dudung Badrun SH., MH.

Perda Kab. Indramayu Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Desa sebagai Peraturan Pelaksanaan (PP) No.43 Tahun 2014 jo UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Dalam ketentuan Pasal 1 angka 10 jo Pasal 1 angka 18 Perda Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Pemerintahan Desa, dijelaskan entitas desa dan memberikan kewenangan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat berdasarkan prakarsa masyarakat serta hak asal usul tradisional. Maka hak-hak tersebut dituangkan dalam Peraturan Desa.

Dalam peraturan desa misalnya, mengatur tentang rekomendasi desa kepada perusahaan dalam mengurus perizinan atau kewajiban lainnya yang berisi kewajiban perusahaan dan pengelolaan limbah perusahaan kepada desa.

Dengan adanya peraturan desa tentang rekomendasi desa dalam pengurusan perizinan perusahaan yang berlokasi di desa, yang mana secara tertulis dituangkan dalam kewajiban perusahaan sehingga pemerintahan desa dan perusahaan sama-sama mengetahui hak dan kewajibannya masing-masing.

Selanjutnya hak desa dimaksud atas suatu perusahaan dapat ditagih jika perusahaan cedera janji (wanprestasi). Terimakasih


Redaksi TBO bersama pengacara senior Dudung Badrun SH., MH., membuka layanan kepada masyarakat yang ingin berkonsultasi dan memiliki masalah dan persoalan di bidang hukum.

Kirimkan pertanyaan anda melalui nomor: 0857.1412.0193 (WA) atau email: tanyajawabhukumtbo@gmail.com

Artikel ini telah dibaca 58 kali

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A
Baca Lainnya