Polres Bangka Barat

Saturday, 17 February 2018 - 02:25 WIB

2 years yang lalu

Lapangan Serba Guna SMP PGRI Depok II

Lapangan Serba Guna SMP PGRI Depok II

SMP PGRI Depok II Tengah “Siap Bersaing”

TB-Online, Depok – SMP PGRI Depok II Tengah, didirikan untuk mengawali prinsip dasar pendidikan sebagai sekolah rakyat yang mengedepankan kepentingan melayani  seluruh lapisan warga masyarakat, serta pengembangan pendidikan melalui pendidikan karakter budaya bangsa sehingga akan didapat  peningkatan mutu dan kualitas pendidikan sesuai dengan perkembangan zaman.

Wakil kepala SMP PGRI Depok II tengah, Sukabdi mengungkapkan, sekolah rakyat artinya sekolah ini menerima berbagai kalangan dari yang lapisan paling bawah hingga atas, kami tidak pernah memilih calon murid dan test atau seleksi, siapa yang mendaftar lebih dulu dan memenuhi syarat administrasi, sekolah ini diarahkan menjadi sekolah yang dinamakan Adiwiyata Mandiri sebagai sekolah yang mandiri serta konsen memperhatikan lingkungan dahulu dan berupaya menyikapi kondisi saat sekarang.

Sehubungan dengan identitas sekolah rakyat, maka jelas input pendidikan disini seadanya dari calon murid ada yang pintar ada yang tidak pintar, dengan ini SMP PGRI Depok II tengah, memberikan pelayanan pendidikan untuk memproses agar supaya semua potensi disini bisa dikembangkan dengan baik sesuai dengan visi sekolah, ungkapnya.

Dengan iman serta takwa, unggul dalam pengetahuan dan keterampilan, santun dalam perilaku yang selanjutnya akan menjadi visi sekolah, Kemudian tujuan dan kegiatan misi pendidikan adalah secara lengkap sudah terurai, dalam Visi Misi ada 5 poin, tujuan ada 15 point serta kegiatan pokok ada 7 yang bunyinya terpampang di ruang guru dan ruang kelas, keseluruhan berkenaan dengan peningkatan pendidikan di sekolah ini.

Sejarah sekolah dibangun pada tahun 1983, berdiri diatas tanah 2.500 M² dan sudah meluluskan 32 kali, serta tahun 2017 peserta ujian berjumlah 395 siswa, setiap tahun kami melulusakan 100% yang melanjutkan ke sekolah menengah atas, kemudian dengan mengantongi akreditasi A, jumlah murid 1200, guru dan karyawan sekitar 50, SMP PGRI Depok II Tengah siap melayani dan memberikan pendidikan yang maksimal sesuai dengan kemampuan para pendidik kami,” tegasnya.

Untuk mencapai visi dan misi tentu harus dengan kegiatan akademik maupun non akademik, ada 21 mata  ekstrakurikuler bertujuan menyerap pengembangan minat dan bakat walaupun belum efektif semuanya. Merujuk kurikulum 2013, mewajibkan seluruh siswa mengikuti progran ekskul yakni kepramukaan diprioritaskan secara bertahap, untuk memenuhi syarat kepramukaan di sekolah ini kami mengadakan Diklat dari Kwarcab kota Depok untuk melaksanan kursus mahir, dasar, 39 guru kami kursuskan supaya memenuhi syarat sebagai pembina pramuka,” tuturnya.

Guna melaksanakan pendidikan karakter SMP PGRI Depok II Tengah, kami melakukan pembiasaan membentuk kedisiplinan, sikap dan karakter anak, yakni dengan melakukan  apel pagi dan siang, berbaris sebelum masuk kelas,  dalam visi dan misi diutamakan berdo’a memohon ridho Allah sebelum belajar, selaras dengan iman dan takwa kemudian pengucapan visi sekolah oleh seluruh siswa, dimaksudkan tujuan datang ke sekolah ingin apa?,” ungkapnya.

Sekolah ini berwawasan lingkungan penghijauan, sebanyak 20 sumur resapan di bawah sekolah yang bisa menampung seluruh air hujan di areal sekolah ini, tidak ada yang mengalir ke sungai, tidak ada kontribusi memberikan banjir di wilayah ini, untuk menyikapi global warning kami mengembangkan areal hijau, dimana tempat yang memungkinkan dibuat pot dengan tanaman, berupa buah dan sayuran secara vertikal kemudian di lantai atas dibuat kebun percobaan, yang saat ini sudah 3.000 bibit kurma varietas Tunisia dan pohon mangga, jambu air dsb.

Untuk mengapresiasi terhadap anak didik, tempat yang sempit pun bisa dilakukan penanaman pohon, sehingga mereka punya pemahaman tentang bercocok tanam di antara beton, dan ini memberikan edukasi yang baik,  selanjutnya tahun 2018 kami punya wacana ingin menyumbangkan 1.000 pohon bibit kurma kepada Pemkot Depok, dan sudah di sosialisasikan ke LSM maupun media massa, ungkapnya. Freddy

Artikel ini telah dibaca 1590 kali

Baca Lainnya