Jangan Lupa Tanggal 9 Desember 2020 Coblos Nomor 1 Adjo Sardjono – Iman Adinugraha

Polres Bangka Barat

Jumat, 9 Maret 2018 - 16:22 WIB

3 tahun yang lalu

SMP Negeri 15 Depok Siap Sambut Program UNBK maupun USBN-BK

TB-Online, Depok – SMP Negeri 15 merupakan salah satu sekolah menengah pertama negeri ( SMPN ) yang berlokasi di jl. Kp. Tipar Mekarsari, Cimanggis Kota Depok Jawa Barat. Tahun pelajaran 2016/2017 pelaksanaan ujian nasional di SMPN 15 telah berbasis komputer dengan 3 sesi dan 2 ruang ujian, walaupun pada tahun lalu saat ujian hari kedua sesi ke tiga cuaca tidak menguntungkan karena pada saat itu hujan lebat disertai angin maupun petir kegiatan ujian nasional berbasis komputer tahun lalu telah dilewati dengan berhasil, semua perserta didik lulus.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 15 Depok, Hj. Anis Budiyani, M.Pd, mengatakan dalam rangka ujian nasional tahun ini tahun pelajaran 2017/2018 sekolah telah berusaha mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, berdasar evaluasi UNBK ( ujian nasional berbasis komputer) yang dilaksanakan tahun lalu,  Ibu Anis berharap ujian nasional tahun ini lebih siap, yaitu dengan melakukan uji coba ( try out)  maupun berusaha mengkomunikasikan kepada orang tua peserta didik jika diperlukan bagi yang mempunyai lap top bisa digunakan saat latihan ujian, sehingga jumlah  komputer yang diperlukan dapat terpenuhi. Kondisi cuaca di Depok sampai saat ini ketika sore masih hujan, dia berharap dan berusaha untuk ujian dua sesi pada tahun ini, sehingga peserta didik sudah selesai ujian sebelum sore hari. Terkait program ujian sekolah berstandar nasional yang kemungkinan akan dilaksanakan berbasis komputer, SMPN 15 berusaha mempersiapakan peserta didik untuk siap mengikuti USBN – BK. Tentu saja hal ini tidak berbeda jauh dari ujian nasional berbasis komputer.

Untuk mencapai prestasi yang baik, diperlukan kerjasama yang baik antara masyarakat, pemerintah dan sekolah itu sendiri, serta melibatkan stakeholder yang berperan mengawali kemajuan pendidikan yang berkualitas, dan tidak kalah pentingnya adalah Sumber Daya Manusia atau para pendidik guna mencipkakan insan-insan unggulan di negeri ini, katanya.

Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di SMPN 15

SMP Negeri 15 didirikan pada tahun 2009, dibangun diatas tanah seluas kl. 2000 m2, memiliki siswa sebanyak 808, banyak meraih berbagai penghargaan akademik dan ekstrakulikuler seperti O2SN dan FLS2N baik tingkat Kota maupun tingkat Provinsi. Seperti diketahui SMP Negeri 15 radius yang berdekatan dengan SMP Negeri lainnya dalam satu kelurahan Mekarsari maupun dalam satu kecamatan Cimanggis, sehingga SMPN 15 yang relatif muda usia dibanding sekolah-sekolah lain harus selalu berbenah diri dan menyesuaikan dengan perkembangan pendidikan, maupun perkembangan technologi dan Informasi.

Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 15 yang mengandung 5 nilai utama yaitu Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, Gotong royong dilaksanakan dalam kegiatan Intra Kulikuler maupun Ekstra Kulikuler. Membangun generasi masa depan yang gemilang dan berkarakter diawali sejak peserta didik memasuki halaman sekolah, dengan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun). Di pagi hari  sebelum pukul 06.30 dengan kepedulian Bp/Ibu Guru untuk memberi contoh 5S bersama Kepala Sekolah menyambut peserta didik di halaman sekolah, dilajutkan dengan membaca Juz amma bersama dipimpin siswa atau Bp/Ibu guru piket, dilanjutkan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia untuk memupuk Nasionalisme, juga setiap hari Senin Upacara bendera dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa dan menyanyikan lagu wajib yang diiringi musik dari speaker center.

Adapun untuk menjaga kesehatan, kemandirian dan kebersihan sekolah ini mengadakan olah raga senam jasmani serta membersihkan sekolah bersama, menanam tumbuhan hijau yang digantung dipagar maupun tabulapot (tanaman buah dalam pot) hal ini dikarenakan terbatasnya lahan.

Kegiatan keagamaan dengan membaca Al-Quran tadarusan, tahsin Qur’an dan do’a bersama selama sebulan sekali.  “Tujuan pendidikan akan tercapai melalui penguatan pendidikan karakter dan kebersamaan semua lini baik pendidik maupun tenaga kependidikan dan orang tua serta dinas pendidikan, dan terciptanya pendidikan seperti yang tercantum dalam misi Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius”, ujarnya kepada Target Buser Online belum lama ini. (Freddy / Aswandi)

Artikel ini telah dibaca 1829 kali

Coblos Nomor 3 KH. Abu Bakar – Sirojudin Tanggal 9 Desember 2020
Baca Lainnya