Headline Polres Bangka Barat

Monday, 5 March 2018 - 13:43 WIB

2 years yang lalu

gesit Inderbuana, S.Pd, ( kepala sekolah SMPN 10 Depok)

gesit Inderbuana, S.Pd, ( kepala sekolah SMPN 10 Depok)

SMP Negeri 10 Depok Berbasis Lingkungan

TB-Online, Depok – SMPN 10 Depok dalam memberikan kontribusi pendidikan kepada masyarakat telah mengoptimalkan kegiatan peningkatan pembelajaran sesuai 8 standar anggaran. Menurut Gesit Inderbuana, S.Pd, selaku kepala sekolah SMPN 10 Depok mengatakan, kegiatan sekolah belum bisa semua tercover dan masih banyak kekurangan, semua kekurangan yangda di dalam sekolah tersebut akan terlihat dari input dan output Evaluasi Diri Sekolah (EDS), dari EDS dapat melaksanakan standar pendidikan dengan seluruh aspek pendidikan.

“Pembiasaan pendidikan karakter, murid harus mengikuti pelajaran religius, kegiatan literasi budaya membaca, merangsang dan menumbuhkan minat baca guna membekali diri untuk menambah wawasan dan pengetahuan,setiap hari Senin setelah upacara selama 10 menit wajib membaca bersama, menumbuhkan minat gemar membaca dimana saja, baik di perpustakaan, lapangan juga  di rumah, terlihat dampak positifnya, ”  tuturnyakepada Target BuserOnline di ruang kerjanya belum lama ini.

Usia siswa SMP, lanjutnya, adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke masa remaja, ingin tahu ini, ingin tahu itu, ingin coba-coba, ikut ikutan tawuran, perilaku emosional yang labil, “apabila ada hal sesuatu seperti pelanggaran disiplin, kami selalu berkordinasi dengan orangtua, selama tidak mengarah kriminal, kami selalu mengarahkan untuk meminimalisir atau menghilangkan sikap2 tidak terpuji dan melanggar aturan tata tertib sekolah,”katanya.

Selanjutnya Gesit menambahkan, SMP Negeri 10 berbasis lingkungan, di setiap sudut sekolah ditanami tumbuhan,dengan penghijauan  maksimal yakni hijau asri, dikatakan berbasis lingkungan karena sekolah ini berada ditengah-tengah perkampungan yang masih banyak kebun. Selanjutnya Gesit mengatakan, selain program hijau asri  juga membuat program Jumsih atau jumat bersih.” Jumsih melibatkan semua komponen yang ada di sekolah ini dimulai dari pkl. 6.00 Wib pagi, membersihkan pekarangan sekolah, kantor dan kelas,” terangnya.

Proflil sekolah yang dibangun pada tahun 1984 berlokasi di  Jalan Raya Bedahan, Bedahan, Sawangan, Kota Depokini mempunyai luas sekitar 10.400 m2,  berada ditengah-tengah kebun dengan komponen siswa berjumlah 1040. SMPN 10 merekrut 40 orang guru dari berbagai disiplin ilmu dengan lulusan rata2 S1. “Kronologis sekolah ini awalnya bagian dari wilayah kabupaten Bogor, tetapi saat terjadi pemekaran kota Depok,  SMPN 10 menjadi bagian dari kota Depok dan menjadi sekolah negeri,” terangnya.

“ Depok sebagai kota layak anak jadi terakomodir,  sekolah memberikan pelajaran yang maksimal kepada masyarakat, dengan program  MBS atau Manajerial Berbasis Sekolah berkoordinasi dengan komite sekolah menghasilkan musyawarah dengan mufakat, memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal sehingga akan terwujud pendidikan yang diharapkan masyarakat,” ujarnya.

Freddy

Artikel ini telah dibaca 943 kali

Baca Lainnya