Headline Nasional

Selasa, 2 Agustus 2022 - 18:21 WIB

2 bulan yang lalu

Setelah Dikukuhkan PJS Babel Akan Bentuk Koperasi Sejahterakan Wartawan

TBOnline, PANGKALPINANG ¤ Rumah Media, di Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, menjadi saksi pengukuhan DPD Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) Provinsi Bangka Belitung, Selasa (2/8/2022). 

Mewakili Ketua Umum DPP PJS, Wakil Ketua DPP Mhd Presimon yang mengukuhkan kepengurusan DPD PJS Bangka Belitung, dengan formasi Rikky Fermana sebagai ketua, Hardi Mardeni sebagai sekretaris dan Jefry Oktaviandy sebagai bendahara, beserta ketua bidang dan para seksi organisasi, menjelaskan bahwa pertumbuhan media siber memiliki konsekuensi menjamurnya wartawan sebagai pekerja di industri pers, hal ini tak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi informasi.

“Untuk itu kepada para pengurus DPD PJS Babel, agar mengenyampingkan ego dalam menjalankan organisasi pers. Silahkan PJS berkembang dan jangan pernah membandingkan dengan organisasi pers lainnya. Kehadiran PJS bukan pesaing, namun mitra organisasi pers lain yang telah duluan eksis,” kata Presimon.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Naziarto, mengharapkan insan pers yang ada di PJS Bangka Belitung dapat menunjukan kerja profesional dan mengedukasi masyarakat.

“Komitmen pengurus PJS Babel dilantik di Rumah Media, membuktikan bahwa organisasi wartawan ini ingin berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan apa adanya. Mari kita sampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dalam hal pembangunan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini,” ajak Naziarto.

Ia juga mengharapkan jurnalis yang berhimpun di PJS dapat menguasai informasi yang akurat sesuai dengan data dan fakta lapangan.  

“Di atas semua itu, pengurus baik di tingkat provinsi maupun cabang, jaga nama baik organisasi. Harumkan organisasi PJS Bangka Belitung ini,” ujarnya.

Kadis Kominfo Provinsi Babel Sudarman, menuturkan pers harus saling bersinergi dengan pemerintah, khususnya membantu pemprov untuk mensosialisasikan kinerjanya. Selain itu, menghadapi gencarnya informasi jelang 2024 mendatang juga harus menjadi perhatian insan pers, khususnya PJS Babel untuk membendung informasi hoax atau yang dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. 

“Termasuk memberikan masukan dan perbaikan terkait kegiatan apa yang dilakukan pemprov, pers harus menjadi kekuatan dalam interaksi masyarakat, baik menginformasikan masalah sosial, pendidikan maupun pembangunan dengan lebih masif. Selain itu PJS Babel harus dapat menjaga kondusivitas menghadapi pemilu 2024 mendatang, agar situasi di tengah masyarakat lebih terjaga dan aman, jadi tidak ada pemberitaan hoax yang meresahkan masyarakat, karena tahun ini hingga 2024 banyak sekali informasi yang dimanfaatkan berbagai kalanagan, sayangnya ada juga info hoax yang harus kita bendung,” tuturnya.

Rikki Fermana yang dikukuhkan sebagai Ketua PJS Provinsi Bangka Belitung, menyampaikan amanah yang dipercayakan kepadanya ini akan dijalankan dengan sebaik-baiknya, dalam waktu dekat Rikki bersama pengurus PJS Babel bahkan sudah mengagendakan membentuk koperasi wartawan untuk mensejahterakan anggota PSJ Babel.

“PJS Babel ini dibentuk bukan untuk menyaingi organisasi pers lain, namun untuk merangkul seluruh wartawan yang tidak tergabung dalam konstituen dewan pers. PJS Babel didirikan untuk membentuk wartawan agar lebih profesional dan sejahtera tentunya,” ungkap Rikki Fermana. Andi Mulya

Artikel ini telah dibaca 343 kali

Baca Lainnya