Oase

Rabu, 16 September 2020 - 07:31 WIB

1 minggu yang lalu

Sekilas Kiprah Politik Iman Adi Nugraha, Calon Wakil Bupati Sukabumi Periode 2020-2025

Oleh ; Umar Sinaga*

Bagi banyak orang, terlebih para tokoh dan senior politik di Sukabumi, sosok Calon Wakil Bupati Iman Adi Nugraha tentu sudah tidak asing lagi.

Perjuangan dan jejak politik tokoh muda ini tidak bisa dianggap biasa saja, khususnya bila kita melihat bagaimana Iman membesarkan Partai Amanat Nasional [PAN] di Kabupaten Sukabumi.

Penulis mencatat, jalan politik Iman Adi Nugraha sejak menjadi Ketua DPC PAN Kecamatan Palabuhanratu periodisasi 1999-2004.Dari kota kecamatan ini, karir Iman di partai berlambang matahari terbit ini kian moncer, terbukti kemudian setelah ia terpilih sebagai Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi periode 2004-2009.

Kemudian berlanjut ketika Iman Adi Nugraha terpilih sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi dua periode [2009-2018], terakhir menjabat sebagai Bendahara DPW PAN Jawa barat hingga saat ini.

Penting dicatat disini ialah bersamaan dengan Pemilu Legislatif [Pileg] Tahun 2004, Iman Adi Nugraha, seorang muda —yang awal nya kurang diperhitungkan— justru mampu mengambil tempat di hati masyarakat, dan terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Sukabumi 2004-2009.

Prestasi gemilang Iman Adi Nugraha ini, tidak bisa tidak justru meroketkan nama PAN di Kabupaten Sukabumi.

Meski kala itu PAN hanya menempatkan seorang Iman di Gedung Jajaway, namun prestasi tersendiri Iman Adi Nugraha ini melekat sebagai simbol kebangkitan PAN di Kabupaten Sukabumi, dan menjadi pelecut prestasi bagi kader lainnya.

Pada hajatan politik di tahun-tahun berikutnya, PAN di Kabupaten Sukabumi terus menambah kursi legislatif.

Prestasi PAN Kabupaten Sukabumi yang berbuah manis lainnya, ialah ketika pada Tahun 2005 sebagai pemilu dengan model pemilihan langsung pertama di Indonesia, turut menghantarkan pasangan Sukmawijaya-Marwan Hamami duduk sebagai pasangan kepala daerah Kabupaten Sukabumi 2005-2010.

Koalisi PKS-PAN yang menghantarkan Sukmawijaya-Marwan Hamami kala itu bahkan menghempaskan impian para tokoh politik ternama, seperti incumbent H. Maman, H. Ucok, H. Lukas dan lain-lain.

Jadi singkat kata, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami yang menjabat sekarang adalah merupakan bagian perjuangan PAN di tahun 2005 dan Iman Adi Nugraha yang menjadi anggota legislatif saat itu punya peran penting, dalam menyukseskan kemenangan kedua pasangan.

Meski setelah itu, kedua nya [Iman Adi Nugraha dan Marwan Hamami] selalu menjadi rival politik di kancah Pemilukada dan sekali pada tahun 2010 keduanya sama-sama kalah, dan pada 2015 perjuangan Iman kandas.

Tapi untuk yang ketiga kali ini [Pemilukada 2020] prediksi saya kemungkinan besar akan bergiliran yaitu Iman lah yang saat ini maju bersama Adjo Sardjono yang akan menang. Semoga

*Pengamat politik dan Pegiat Medsos

Artikel ini telah dibaca 240 kali

Baca Lainnya