Pendidikan

Monday, 23 April 2018 - 10:55 WIB

1 year yang lalu

SDN Curug 1 Bojongsari Depok Perkuat Pendidikan karakter

TB-Online, Depok – Perjalanan sejarah pendidikan di negeri ini mengalami pasang surut, akan tetapi sesuai  perkembangan zaman pendidikan akan menemukan pola strategi yang pas untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Adalah pendidikan karakter bagian dari revolusi mental yang dicanangkan presiden RI, Joko Widodo sebagai manifestasi  insan yang berakhlak mulia, untuk itu sekolah dasar sebagai awal  penguatan karakter dimulai.

SD Negeri Curug 1 Bojongsari Depok, salah satu sekolah dasar yang mengedepankan penguatan karakter seperti yang diutarakan kepala sekolah, Suryadi, S.Pd kepada Target Buser Online menyampaikan kepada setiap murid untuk melakukan pembiasaan pembelajaran.

“ Pembiasaan pembelajaran yang dimaksud adalah anak-anak dibiasakan untuk shalat dzuhur dan sesekali  shalat dhuha, pembentukan akhlak melalui agama dan memberikan salam kepada guru, membaca doa sebelum belajar dan lainnya,” ungkap Suryadi.

Perubahan perilaki sikap murid ini berjalan dengan baik, didukung oleh guru dan orangtua secara bersama-sama membentuk putera puterinya memiliki akhlak dan budi pekeri yang baik.

Penguatan pembelajaran didukung oleh oleh  18 tendik yang terdiri dari PNS dan honorer,  kami bekerja maksimal memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, anak-anak yang memiliki bakat dibidang eskul disalurkan dengan ikut berbagai lomba. “ Yang menonjol bidang pramuka,”  katanya.

Skala prioritas kami adalah mempersiapkan sistem Kurikulum 2013 dari kelas 1 hingga kelas 6 sesuai rencana Disdik kota Depok yang akan direalisasikan pada tahun depan. Perubahan siistem ini akan merubah anak-anak menjadi kreatif dan dinamis, guna menunjang program ini setiap guru diwajibkan memiliki komputer laptop sebagai sarana pengajarannya.

Suryadi bersama 17 tendik telah mempersiapkan SDM nya dengan melaksanakan program pelatihan dan pembinaan guru, memiliki sertifikasi serta mengajak para orangtua untuk bekerjasama membangun pendidikan di SDN Curug 1 agar berprestasi yang menonjol.

Sekolah yang dibangun pada tahun 1956, berlokasi di jl. Jl. Raya Curug, Curug, Bojongsari, Kota Depok ini memiliki alumni yang sudah berhasil dalam kehidupannya, menurut Suryadi yang asli Sawangan mengerti persis seluk beluk sekolah dengan kondisi bangunan tua yang seharusnya direhab.

Bangunan dengan luas 1350 m2 ini, memiliki peserta didik 315, masuk sekolah pagi dan siang, karena minimnya jumlah ruangan kelas harus ada yang masuk siang. “ Saya berharap pemerintah kota Depok mau membangun RKB, “ imbuhnya.

Penulis : Freddy

Artikel ini telah dibaca 355 kali

Baca Lainnya