Satu Jam Bersama Wakepsek SMP PGRI Depok II Tengah

0
291

TB-Online, Depok – Dalam perjalanan sejarah pendidikan SMP PGRI Depok II Tengah, banyak menemui kemajuan yang siginifikan, sekolah yang bertema sekolah rakyat ini dipercaya masyarakat sekitar karena memiliki prestasi yang baik.

Peran kemajuan pendidikan sekolah ini tak lepas dari sang pemimpin yang bijaksana, Sukadi, S.Pd bersama wakilnya, Sukabdi Sumopawiro, S.Pd berjuang membesarkan demi  menciptakan prestasi  hingga dikenal diseluruh kota Depok dan sekitarnya.

Saat Target Buser.Co.Id berkunjung ke SMP PGRI Depok II Tengah menemui Sukabdi yang tengah berbincang bersama para stafnya diruang kerja. Klikpendidikan mencoba untuk mewawancarai belliau mewakili kepala sekolah tentang seputar kegiatan pendidikan SMP PGRI Depok II Tengah, ini petikan wawancara sbb:

Bagaimana skala prioritas pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah ini ?

Belum lama ini kami melepas 345 tamatan kelas IX untuk memasuki jenjang yang lebih tinggi, sebelumnya mereka diberikan bekal pengetahuan akademik dan non akademik, selayaknya jika mereka memiliki bakat dan keterampilan kami bina untuk disalurkan seperti ekskul bidang pramuka yang hingga kini patut dibanggakan. Kami menitik beratkan ekskul sebagai skala prioritas karena belum ada prestasi menonjol pada bidang akademispada anak didik di tingkat nasional,sebagai sekolah rakyat yang mengedepankan kepentingan melayani  seluruh lapisan warga masyarakat, serta pengembangan pendidikan melalui pendidikan karakter budaya bangsa sehingga akan didapat  peningkatan mutu dan kualitas pendidikan sesuai dengan perkembangan zaman.

Bagaimana kesiapan menuju implementasi Kurikulum 2013 pada tahun 2019 yang mewajibkan seluruh kelas ?

Begitu dicetuskan Kurikulum 2013, kita sudah konsekwen untuk memilih dan memohon untuk diresmikan menjadi sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. kurikulum 2013 merupakan jawaban kritik dari kurikulum sebelumnya itu, kita sudah ikut serta dengan mendownload akun Dekdikbud pada waktu itu di burningdan dibagikan gratis kepada anak-anak, jadi anak-anak tidak ada alasan tidak memiliki sumber belajar.

Sekolah menjamin anak-anak memilki buku teks yang diperlukan untuk Kurikulum 2013, penerbitan tidak bisa menjamin pada waktu sekolah mulai belajar buku sudah terbit, dengan ini buku Kurikulum 2013 dipinjamkan atau tidak untuk diberikan. Kita berburu dimana buku adanya, kita beli, dibeli oleh sekolah, dipinjamkan pada anak-anak, jadi sekolah menjamin setiap anak memiliki buku teks.

Kurikulum 2013 jika dilaksanakan secara komprehensif akan merupakan jawaban terhadap kritik-kritik terhadap kurikulum sebelumnya. Para guru melakukan pendekatan ilmiah dalam melaksanakan pembelajaran kemudian dari variasi metode pembelajaran sudah dikuasai oleh para guru. Hal seperti ini sebetulnya konsentrasi kepada para pengelola pendidikan termasuk yang membuat regulasi dalam bidang pendidikan yakni Dinas Pendidikan kota Depok.

Perpustakaan digital kapan dilaksanakan ?

Kita akan menuju kesana, materinya sudah banyak berupa buku-buku elektronik maupun yang berupa filim-film edukasi tetapi ini belum dilakukan secara ideal sebab untuk pelayanan semacam itu ‘kan kita memerlukan kemampuan tekhnis dan personal untuk memberikan pelayanan kemudian itupun juga berkaitan dengan kepiawaian para guru memanfaatkan sumber-sumber semacam itu.Sudah melaksanakan pelatihan  tetapi aplikasinya belum menyeluruh, jadi masih cenderung wacana walaupun sebetulnya  materi sudah banyak…

Prestasi yang sudah dicapai ?

Prestasi non akademis yang aktif adalah bidang olahraga beladiri Karate, bisa dilihat dari piala 2 nya di lemari kaca mulai dari kejuaraan event kecamatan hingga event nasional dan tingkat perguruan.Dalam kurikulum 2013 seluruh siswa wajib mengikuti ekstrakurikuler wajib yaitu Pramuka. Pramuka itu adalah alat mendidik kader bangsa. Sekolah ini sudah melaksanakan latihan pramuka yang dikonsepkan, semua guru disinidiupayakan supaya bisa menjadi pembina pramuka…

Sudah disiapkan SDM untuk pembinaan pramuka, untuk struktur organisasi terdiri dari 60 regu putera dan 60 regu puteri. Dalam bidang sarana kami menyediakan tenda yang menjadi kebanggaan dengan bentuk tenda setengah bola atau dome. Kalau kita sudah memiliki 120 tenda kita akan melakukan show of force, pamer kekuatan dalam bidang pramuka di bumi perkemahan Cibubur Wiladatika…. ini baru wacana…

/Freddy F

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of