Sang Pengabdi, Dukungan Nyata di Kalangan Bawah (Masih) Semu di Partai Politik

Info grafis perjalanan karir pengabdian H. Iyos Somantri di Kabupaten Sukabumi (Ist)

TBOnline, SUKABUMI ¦ Dalam kontestasi jelang pilkada serentak 2024, nama Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, tercatat sebagai salah satu figur paling populer di mata masyarakat untuk memimpin Kabupaten Sukabumi ke depan. Sosok Iyos, yang religius dan santun, pun masyhur dikenal merakyat, dengan segudang pengalaman kepemimpinan dan mampu merangkul berbagai kalangan di Kabupaten Sukabumi.

Komplit di hati masyarakat, namun anehnya hingga kini belum ada dukungan nyata dari partai politik terhadap Iyos Somantri, ini lah yang mengganjal benak Ade Meiyanto, Ketua Pendukung Iyos Somantri For Sukabumi (PISS), salah satu organ relawan pendukung Iyos.“Kita menyadari dan bersyukur dalam era keterbukaan reformasi (paska orde baru) ini lahir banyak partai politik yang berlomba merebut hati rakyat, namun juga miris karena dalam perjalanannya, ketika banyak partai politik lebih menonjolkan watak pragmatisme dan justru meninggalkan kehendak rakyat. Untuk Kabupaten Sukabumi sendiri, sosok Iyos Somantri bukan hanya komplit dari sisi kepribadian dan pengalaman memimpin, ia (Iyos) bukan tiba-tiba muncul, namun mengabdi selama 38 tahun dari level bawah sebagai staf kecamatan hingga menjadi Wakil Bupati Sukabumi dengan berbagai pencapaian dan prestasi di setiap jabatan yang diamanahkan padanya, jadi bukan kaleng-kaleng. Iyos mampu, pantas dan siap memimpin karena sangat memahami seluk beluk pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa hingga kini belum ada dukungan nyata dari partai politik untuk Iyos Somantri? Bukankah ini sama saja mengkhianati masyarakat, semoga tidak ada unsur lain di balik lambatnya dukungan parpol ini. Masyarakat Kabupaten Sukabumi sudah pintar untuk memilih pemimpinnya,” jelas Ade, didampingi Sekretaris PISS Fauzan Ali (Iwan) saat ditemui di Sekretariat PISS, Rabu (22/5/2024).

Bacaan Lainnya

Fauzan Ali menambahkan, hingga kini dukungan nyata terhadap H. Iyos Somantri untuk maju dalam pilkada November 2024 mendatang muncul dari masyarakat dan relawan yang menggelar deklarasi bertajuk “Koalisi Rakyat Harapan Baru Sukabumi” pada 18 Mei 2024 lalu.

“Tentunya harapan kita bersama partai politik segera mendukung dan mengusung H. Iyos Somantri untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini, beliau (Iyos, red) memang istilahnya terlalu ‘seksi’ sehingga mungkin para partai politik berebut mendorong kader atau pilihannya untuk mendampingi Iyos Somantri, sehingga masih belum ketemu. Semoga, siapapun yang mendampingi H. Iyos Somantri nantinya, punya komitmen kuat dan ada chemistry dengan H. Iyos, untuk memajukan dan mensejahterakan warga Kabupaten Sukabumi. Insya Allah,” ujarnya.Diketahui, Wakil Bupati Iyos Somantri, secara resmi mendaftar untuk maju menjadi calon Bupati Sukabumi dalam Pilkada November 2024 mendatang melalui Partai Demokrat, hal ini ditandai dengan penyerahan (pengembalian) berkas formulir pendaftaran ke Kantor DPC Partai Demokrat di Palabuhanratu pada Selasa, 16 April 2024. 

Dalam perkembangannya, setelah sebelumnya Partai Golkar, Partai Gerindra dan PPP bersepakat mendukung salah satu kandidat Calon Bupati Sukabumi, pada acara “Deklarasi Partai Golkar Mengusung Kang Asep Japar, Calon Bupati Sukabumi 2024”, pada Jum’at 26 April 2024. Menyusul kemudian koalisi lima partai besar, antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, PDI Perjuangan, dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang diwujudkan dalam deklarasi dan penandatanganan naskah kerja sama partai politik, pada Sabtu 4 Mei 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *