Kabupaten Sukabumi

Minggu, 13 September 2020 - 16:32 WIB

1 minggu yang lalu

Road Show Perdana Ketua IPSI Iyos Somantri, Gali Potensi Seni Budaya di Kabupaten Sukabumi

TBOnline [SUKABUMI] — Tak menyulutkan semangat, mantan Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri terus berkiprah dan berkarya nyata menata dan mengelola aset bangsa dalam bingkai seni dan budaya, yang masih banyak tersembunyi di setiap kampung dan kecamatan di Kabupaten Sukabumi, salah satunya ialah ragam potensi seni dan budaya yang dihadiri Iyos Somantri pada saat road show perdana nya, Sabtu [12/09/2020]. Agenda road show Iyos Somantri dalam menggali dan menampung aspirasi seni dan budaya ini diawali dari Kecamatan Kabandungan, Kalapanunggal, Parakansalak, Parungkuda, Cidahu, Cicurug dan Ciambar, secara estafet Iyos merangkum segala potensi dan aspirasi dari 8 kecamatan yang ia singgahi.

Selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia [IPSI] Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri yang saat ini menjadi Bakal Calon Wakil Bupati Sukabumi bersama dengan Bacabup Marwan Hamami, dalam koalisi Lanjutkan Kebaikan, menjelaskan banyak ragam budaya dan kesenian khas masyarakat selama kunjungannya di Kalapanunggal. “Disini dapat kita temui, salah satu kesenian wayang golek yang menjadi ikon Jawa Barat, karena juara satu pawayangan se Jabar ada dan lahir di daerah ini,” kata Iyos.

Kehadiran Iyos Somantri ini disambut baik warga di setiap kecamatan serta dibanjiri apresiasi oleh warga seni.

“Karena niat tulus dan kepeduliannya dalam menata dan memelihara nilai-nilai seni dan budaya ketimuran atau Jawa Barat, akan ikut menghantarkan cita-cita masyarakat Sukabumi yang Relijius, Maju- Inofativ, Sejahtera Lahir Batin untuk Kabupaten Sukabumi mendatang,” ujar salah seorang pelaku seni di Kalapanunggal.

“Khoirunnas Anfa’uhum Linnas ~ Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. [HR:Jabir].

Penulis ; Dedi Cobra

Artikel ini telah dibaca 416 kali

Baca Lainnya