Nasional

Minggu, 5 September 2021 - 09:03 WIB

3 minggu yang lalu

Ribuan ton pupuk siap di distribusikan ke Poktan Giri Jaya, Desa Bulakan, Kecamatan Gunung Kencana, Lebak (Foto : Tbo)

Ribuan ton pupuk siap di distribusikan ke Poktan Giri Jaya, Desa Bulakan, Kecamatan Gunung Kencana, Lebak (Foto : Tbo)

Ribuan Ton Pupuk di Distribusikan ke Petani Jagung Desa Bulakan Gunung Kencana

TBOnline [LEBAK] — Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bulakan akan melakukan pendistribusian pupuk kepada petani jagung yang berada di wilayah Desa Bulakan, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak.

Pantauan TBO pada Sabtu (4/9/2021) tampak ribuan karung pupuk sedang diturunkan di lokasi BUMDes Bulakan untuk nantinya di distribusikan kepada petani jagung.

“Kurang lebih sebanyak 1200 ton pupuk siap di distribusikan khususnya kepada Kelompok Tani (Poktan) Giri Mukti dan umumnya bagi seluruh masyarakat desa setempat,” ujar H. Wawan, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Dijelaskan H. Wawan, warga dan petani Desa Bulakan merupakan percontohan dalam percepatan pengembangan jagung berbasis korporasi dengan pola kerjasama dan kemitraan antar seluruh stakeholder.

“Setiap musim tanam wilayah ini mampu memproduksi di lahan seluas 1.00 hektar bahkan lebih. Petani di Gunung Kencana sudah terbiasa sambil panen sekaligus tanam lagi mengingat masih turun hujan sebelum masuk bulan Mei mendatang,” kata Wawan.

Pihak PT Pupuk Indonesia (PT.PI), Dandim Lebak dan Kadis PMD Provinsi Banten saat melaksanakan kunjungan kerja (kunker) pada Mei 2021 lalu ke Desa Bulakan, Kecamatan Gunung Kencana, Lebak-Banten, untuk mendukung dan menjalin kerjasama dalam bidang pertanian khususnya penanaman jagung hibrida (Foto : BB)

Perlu diketahui pengembangan jagung berbasis koorporasi di Desa Bulakan dengan luas tanam jagung per musim mencapai 600 ha dilakukan di lahan Perum Perhutani. Masyarakat menanam jagung hibrida tumpangsari dengan kayu putih.

Kegiatan ini mendapat dukungan dan apresiasi dari semua pihak baik pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak. Ade KS

Artikel ini telah dibaca 200 kali

Baca Lainnya