Kabupaten Sukabumi

Rabu, 7 Oktober 2020 - 00:01 WIB

2 minggu yang lalu

Ribuan Karyawan PT GSI dan PT Pratama (Nike) Berunjuk Rasa Tolak Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law

TBOnline [SUKABUMI] — Ribuan buruh PT.Golstar Indonesia [GSI] dan PT Pratama [Nike] menggelar aksi demonstrasi turun ke jalan di Sukabumi-Cianjur KM.13 Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Selasa (6/10) untuk menolak Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law yang dianggap merugikan kaum buruh.

Aksi ini digelar di depan PT. GSI di Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, dengan orasi dan spanduk bertulisan penolakan terhadap undang-undang tersebut tanpa kompromi.

Jumlah massa aksi bahkan mengakibatkan kemacetan, karena arus lalu lintas menuju Cianjur dan Sukabumi lumpuh total.

Beberapa pasal dalam Undang-Undang Cipta Kerja yang dipermasalahkan para buruh, khusus nya yang berkaitan dengan nasib para pekerja seperti penolakan terhadap penghapusan Upah Minimum Kabupaten/Kota [UMK] yang diganti dengan Upah Minimum Provinsi [UMP].

“Penghapusan UMK akan membuat penghasilan kami menjadi rendah, kami juga mempersoalkan tentang pasal-pasal yang mengatur lembur yang dianggap merugikan posisi kaum pekerja. Kami juga keberatan dengan ketentuan yang tercantum pada Pasal 61 Bab IV tentang ketenagakerjaan yang menempatkan pengusaha jadi penentu jangka waktu kontrak kerja. Kami menilai pasal ini berpotensi pengusaha bisa mem-PHK pekerja sewaktu-waktu kapan dia suka”, ujar peserta aksi berisinial A yang enggan namanya disebut.

Masih kata nya,  unjuk rasa yang digelar ini atas inisiatif para pekerja, mereka melakukan atas instruksi dari Jakarta yang akan melakukan mogok secara nasional.

“PT GSI dan PT Pratama akan siap berpartisipasi dalam aksi tersebut”, tukasnya.

Unjuk rasa ini mendapat pengawalan ketat jajaran anggota Polres Sukabumi kota, hingga pukul 11.00 Wib lebih, unjuk rasa masih berlangsung. Di lokasi terlihat Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni memimpin langsung pengamanan unjuk rasa tersebut. Kabiro Kota Sukabumi (Nuryasin Anwar)

Artikel ini telah dibaca 216 kali

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A
Baca Lainnya