Rebo Keliling (Boling) Bupati Ade Yasin Penuh Inspiratif. Ada Pameran Sayuran Hasil Hidroponik Juga Loh

0
172
Bupati Bogor Ade Yasin berdialog ditengah warga pada saat kegiatan Rebo Keliling (Boling). (Foto: Hutabarat PM)

TBOnline (BOGOR) | Program Rebo Keliling (Boling) yang rutin dilaksanakan Bupati Bogor Ade Yasin, kemarin mengambil tempat di Golden Futsal & Hall Center, Jalan Cagak Lingkar No 1 Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur. Seperti biasa kegiatan boling ini dimanfaatkan bupati untuk silaturahmi sembari berdialog langsung dengan masyarakat dan mendengar segala macam keluh kesah warganya. “Untuk boling hari ini seperti biasa kita menjawab persoalan masyarakat sekaligus  silaturahmi. Karena warga juga mengungkapkan persoalan dan kita akan selesaikan dengan dukungan anggaran yang proporsional tentunya,” tukas Bupati Ade Yasin singkat.

Selama ini diketahui suasana hangat boling ini pun banyak tercetus inspirasi untuk pembangunan dan kemaslahatan Bogor kedepan. Salah satu yang menginspirasi dalam kegiatan Boling Bupati Ade Yasin kali ini ialah hadirnya stand pameran hasil sayuran hidroponik yang dibudidayakan oleh komunitas Kohibora (Komunitas Hidroponik Bogor Raya).

Stand pameran hasil sayuran hidroponik yang dibudidayakan oleh komunitas Kohibora (Komunitas Hidroponik Bogor Raya). (Foto: Hutabarat PM)

Unik, karena metode tanam dengan hidroponik ini tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, namun menggunakan air. Dalam laman Wikipedia disebutkan Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Ketua Kohibora Hj. Dra. Hanny Nabila, Msi mengatakan dengan dibentuknya Kohibora sendiri kami berkeinginan agar menjadi sentra sayuran hidroponik. “Karena hidroponik ini tidak mahal, konotasi hidroponik mahal karena memakai pipa paralon atau pompa sebetulnya masyarakat bisa memilih dengan menggunakan barang-barang bekas, bisa juga dari bambu, karena manfaat dari hidroponik tidak ada pestisida sama sekali jadi bermanfaat untuk kesehatan tubuh,” ujar Hanny.

Ditambahkannya, petani hidroponik itu petani cerdas, karena semuanya itu memakai ilmu yang berbeda dengan petani konvensional dan nutrisinya juga organik karena tidak ada sama sekali menggunakan kimia. “Harapan kami sebagi petani hidroponik meminta kepada bupati agar disediakan tempat, baik di rest area atau disuatu kawasan agar orang bisa memetik dan berbelanja khususnya masyarakat Bogor bisa merasakan manfaat tanaman hidroponik hasil Kohibora,” pungkasnya.

Ketua PWRI Bogor, Rohmat Selamat di stand sayuran hidroponik (Foto: Hutabarat PM )

Dilokasi serupa, Ketua PWRI Kab Bogor Rohmat Selamat, S.H,.Mkn, yang kerap mengawal giat boling bupati mengungkapkan apresiasinya kepada petani sayuran hidroponik, menurutnya tanaman hidroponik sangat bagus diterapkan di Kabupaten Bogor. “Karena poin pertama tidak perlu menggunakan lahan yang luas, kedua tanaman hidroponik tidak mengandung pestisida jadi sangat baik buat kesehatan dan bagus untuk dikonsumsi,” ujarnya. Saya selaku Ketua PWRI berharap agar masarakat bekerjasama dengan Kohibora sehingga bisa menanam dihalaman rumahnya untuk kebutuhan sehari-hari karena hidroponik tidak memerlukan tanah yang luas, cukup menggunakan paralon kayu dan bambu atau menggunakan barang-barang bekas.

H. Masduki dan Kang Rohmat Apresiasi Boling Bupati Di Rancabungur

Kegiatan Rebo Keliling (Boling) Bupati Bogor, Ade Yasin ini rupanya juga menarik perhatian H. Masduki Isa, yang akrab disapa Docklay.

Menurut Caleg PPP No urut 4 untuk DPRD Kab Bogor Dapil VI Jawa Barat ini, kegiatan Boling sejatinya mengantarkan program panca karsa bupati agar bisa dinikmati masyarakat yang benar-benar membutuhkan. “Bagaimana Bogor membangun, Bogor Sehat, Bogor Cerdas maupun Bogor Maju dalam program Pancakarsanya,” tegasnya.

Nah Boling ini menurut Docklay ialah sarana mengejawantahkan pancakarsa tersebut, karena prinsipnya ialah tidak ada jarak antara pemimpin dengan yang dipimpinnya. “Saya apresiasi kinerja bupati bogor,” sambungnya.

(tampak akrab) Ketua PWRI Kabupaten Bogor Rohmat Selamat bersama Caleg DPRD Kabupaten Bogor, H. Masduki (Foto: Hutabarat Klan)

Senada Rohmat Selamat, Ketua Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) juga mengungkapkan kekagumannya atas kinerja bupati yang belum lama terpilih ini. “Salut untuk Bupati Ade Yasin dengan penuh keikhlasan turun kelapangan mendengar keluh kesah warganya tidak hanya memberikan harapan tapi memberi solusi untuk warganya,” tandasnya.

Tak lupa Rohmat juga menyatakan dukungan pribadinya atas majunya H. Masduki Isa. “Secara pribadi kami mendukung H Masduki Isa untuk DPRD Kabupaten Bogor perwakilan Bojong Gede Tajur Halang, kemang Ciseeng Rancabungur, Parung dan Gunung Sindur. Saya kenal baik dengan beliau Insyaallah amanah dan bisa mewakili kepentingan masyarakatnya,” tutur  Rohmat. Hutabarat PM

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of