Nasional

Senin, 2 November 2020 - 09:23 WIB

4 bulan yang lalu

Ratusan Nelayan Dari Dua Kabupaten, Aksi Damai Tolak PIP di Laut Mengkubung-Teluk Kelabat

TBOnline [BANGKA BELITUNG] — Seratusan masyarakat nelayan Kabupaten Bangka dan Bangka Barat menggelar aksi damai menolak aktivitas penambangan timah laut ponton isap produksi (PIP) di Pulau Mengkubung, Teluk Kelabat, Jumat (30/10) kemarin.

Terdapat sekitar 25 unit ponton isap yang melakukan penambangan tanpa surat izin yang jelas di Teluk Kelabat Dalam, yang merupakan hamparan wilayah tangkap nelayan Kelurahan Mantung, Belinyu, Kuto Panji, Air Jukung, Desa Riding Panjang serta Desa Gunung Muda, Desa Lumut di Kecamatan Belinyu.

Area ini masuk juga dalam wilayah tangkap nelayan Desa Riau dan Desa Berbura di Kecamatan Riau Silip-Bangka.

Selain itu, di Teluk Kelabat Dalam juga tempat masyarakat Desa Bakit, Desa Rukam, Desa Semulut, Desa Kapit serta Desa Pusuk di Kabupaten Bangka Barat mencari nafkah.

Dalam aksi damai ini, nelayan berharap penegak hukum dapat menertibkan dan menangkap pelaku penambangan ilegal di wilayah tangkap nelayan di Teluk Kelabat Dalam.

“Setelah ada nya aktifitas penambangan ini, hasil dari nelayan sangat kurang, habitat ikan selanget, ikan kepetek, ikan gelamo dan udang kipas, sudah susah di dapat. Karena tempat kami mencari sudah dirusak oleh penambang,” ujar Musa nelayan dari Bangka.

Nelayan juga menyayangkan, jika ada oknum nelayan Mengkubung dan warga Mengkubung yang menyetujui aktifitas ponton Isap (PIP) di Pulau Mengkubung, sehingga aktifitas ini masih dilakukan penambang.

Isu yang beredar di tengah masyarakat ialah ada nya persenan atau hasil buat yang menyetujui serta ada indikasi, kalau mau masuk ponton Isap (PIP) di Pulau Mengkubung harus membayar uang bendera sebesar Rp6 juta ke oknum warga Mengkubung, jika tidak ada uang tersebut maka tidak boleh masuk.

Disinyalir hampir 25 unit ponton isap yang beroperasi hampir satu minggu lebih, dan hasil yang di dapat hampir 12 ton lebih. Andy Mulya

Artikel ini telah dibaca 280 kali

Baca Lainnya