PT Agri Muda Indonesia investasi di Sukabumi, Agus Mulyadi:  Bawang putih komoditas yang sangat seksi  

0
92
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi [foto; istimewa]

TBOnline [SUKABUMI] – Kunjungan PT Agri Muda Indonesia yang mewakili para importir bawang putih ke Kabupaten Sukabumi, Jumat [10/5/2019] disambut hangat Bupati Marwan Hamami di pendopo kabupaten. Kedatangan ini sebagai tindaklanjut kebutuhan lahan terkait investasi dan pengembangan pertanian bawang putih di Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami disela pertemuan mengungkapkan masuknya investasi bawang putih di Kabupaten Sukabumi relevan dengan potensi sumberdaya alam yang begitu besar, karenanya sektor pertanian dikembangkan secara optimal. “Terbukti ketika bawang putih dikembangkan oleh Pemkab Sukabumi melalui dinas pertanian sudah bisa mendapatkan hasil yang baik, untuk pengembangan kedepan, importir bawang putih bisa mencoba lahan di Kecamatan Kabandungan, yang akan diberdayakan seluas 10 Ha,” papar Marwan.

Marwan juga mendorong penyuluh pertanian untuk mensosialisasikan prospek dan keberhasilan panen bawang putih kepada masyarakat. “Selain bawang putih dan kopi yang cukup baik kualitasnya, Kabupatan Sukabumi juga memiliki potensi wisata yang luar biasa. Sehingga bisa diintegrasikan antara pengembangan pertanian dan kepariwisataan,” pungkasnya.

Senada, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi sangat mendukung investasi pertanian bawang putih ini, karena menurutnya bawang putih merupakan komoditas yang sangat seksi atau menjanjikan. “DPRD mengucapkan selamat datang kepada PT Agri Muda Indonesia maupun perusahaan lain yang ingin mengembangkan ketahanan pangan khususnya pertanian bawang putih di Kabupaten Sukabumi,” tukasnya.

Agus menjelaskan lahan di Kabupaten Sukabumi masih terbentang luas, selain itu komoditas  ini diketahui sangat menjanjikan, bahkan kini daerahnya menjadi pemasok terbesar untuk beberapa wilayah. “Kami sangat mendukung pengembangan tani bawang putih, karena lahan pun masih terbentang luas, misalnya diwilayah utara di Kecamatan Kabandungan atau di Kalapanunggal. Bahkan  hari ini kita termasuk pemasok terbesar untuk Pasar Induk di Jakarta, Tangerang maupun Bekasi,” .

Sementara itu, perwakilan pengembang bawang putih, Arif menyampaikan bahwa keberhasilan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dalam membudidayakan bawang putih di Goalpara dan sempat viral di media mendapat apresiasi Menteri Pertanian. Bahkan Dirjen Pertanian mendorong peningkatkan pertanian bawang putih di Kabupaten Sukabumi. “Kendala yang dihadapi oleh investor adalah masalah lahan, untuk pengembangan bawang putih. Pengembangan kedepan harus bisa bersaing dengan produk negara lain, kami juga menyampaikan terima kasih kepada bapak bupati atas dukungannya terhadap sektor pertanian bawang putih di Sukabumi,” ungkap Arif.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudarajat mengungkapkan keberhasilan penanaman bawang putih di beberapa wilayah menjadi potensi untuk dikembangkan. “Alhamdulillah penanaman berhasil di wilayah Goalpara, Sukalarang dan Sukaraja. Sehingga itu menjadikan komoditas bawang putih menjadi potensi besar untuk dikembangkan di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Hadir mendampingi Bupati ketika menerima kunjungan PT Agri Muda Indonesia yang mewakili para importir bawang putih antara lain: Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kadis Pertanian, Kadis Dagkop dan UKM, Kadis Kominposan, Kabag Bina Perekonomian, Kabag KPI serta Kabid Informasi dan Komunikasi Publik. Redaksi  * [SU]

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of