Metropolitan

Minggu, 13 September 2020 - 18:35 WIB

1 minggu yang lalu

PSBB DKI Berlaku Kembali, Pasar dan Mall Masih Boleh Operasi

TBOnline [JAKARTA] — Pembatasan Sosial Berskala Besar [PSBB] yang diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai besok tetap memperbolehkan pasar dan pusat perbelanjaan atau mall beroperasi.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu [13/9/2020].

Menurutnya, meskipun boleh beroperasi namun ada aturan-aturan yang mesti dijalankan oleh pengelola dan juga masyarakat.

“Pasar dan pusat perbelanjaan bisa beroperasi dengan membatasi paling banyak 50 persen pengunjung dari kapasitas di lokasi yang bersamaan. Tapi untuk restoran, rumah makan, kafe yang di dalamnya hanya boleh melayani untuk pengantaran dan dibawa pulang,” jelasnya.

Sementara untuk perkantoran, kapasitas pegawai yang bekerja dalam ruang dan waktu sama maksimal 25 persen. Pimpinan perusahaan wajib membuat sistem kerja WFH bagi pekerjanya.

Anies menegaskan, jika sampai ditemukan ada kasus positif di gedung perkantoran, pasar atau pusat perbelanjaan, seluruhnya akan ditutup minimal tiga hari.

“Jadi bukan hanya kantor atau lokasi usaha penyewanya yang ditutup. Tapi juga satu gedung kita tutup minimal tiga hari,” tegasnya.

Pelaksanaan PSBB yang dimulai 14 September 2020 diatur dengan Pergub Nomor 88/2020 tentang Perubahan Atas Pergub Nomor 33/2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

Editor ; IAR /[Sp]

Foto Utama ; Liputan6.com

 

Artikel ini telah dibaca 171 kali

Baca Lainnya