Prospek Wisata di Babakan Madang Perlu Perhatian Serius Semua Pihak

0
148

TBOnline [BOGOR] – Wilayah Kabupaten Bogor disebut memiliki bentangan alam yang sangat indah, kontur alam pegunungan dengan udara sejuk ditambah pepohonan hijau yang sudah dikelola secara maksimal menjadi beragam destinasi wisata disebut mendongkrak sebagian besar PAD bagi Kabupaten Bogor.

Namun tidak semua potensi alam di Kabupaten Bogor ini dapat dikelola maksimal pemerintah daerah, terdapat juga beberapa kawasan wisata yang masih dikelola masyarakat secara sendiri-sendiri, berkelompok atau paguyuban, yang tidak jarang menimbulkan gesekan dengan masyarakat setempat maupun dengan Pemerintah Desa.

Berdasarkan pengamatan Biro Target Buser Kabupaten Bogor, beberapa aset wisata tersebut terdapat di Kecamatan Babakan Madang,  antara lain: Wisata Air Terjun di Desa Bojong Koneng dan Wisata Pemandian Air Panas di Desa Karang Tengah.  “Maka perlu peran aktif seluruh stakeholder dari pemerintahan Kabupaten Bogor atau Dinas Parawisata, Camat, Kepala Desa / lurah agar membentuk Perda, kerjasama [MoU],  pengembangan infrastruktur, pelatihan SDM, pelatihan manajemen, publikasi ikon daerah dan lain-lain. Agar bersinergi dan menghilangkan potensi konflik,” ungkap seorang warga Babakan Madang. Sehingga, tambahnya potensi pariwisata di Kabupaten Bogor bila melibatkan semua stake holder dan dikelola secara proporsional dapat menaikan pendapatan daerah serta berdampak positif bagi perekonomian warga. “Masyarakat bisa berniaga disekitar objek wisata dengan pengembangan kulikuner, kerajinan tangan, penginapan / hotel dan lain- lain . Hery Rudy

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of