Nasional

Jumat, 13 Agustus 2021 - 15:10 WIB

1 bulan yang lalu

Papan (plang) proyek program SAMISADE berupa pengerasan jalan di Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor (Foto : PM Hutabarat)

Papan (plang) proyek program SAMISADE berupa pengerasan jalan di Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor (Foto : PM Hutabarat)

Program SAMISADE di Pabuaran, Buka Akses Jalan Antara Kp. Bangkong Reang dan Kampung Pondok

TBOnline [BOGOR] — Program Bantuan Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE) oleh Pemkab Bogor, berupa pembukaan, pengerasan jalan kampung dan pembangunan turap yang lokasinya berada di tengah area persawahan warga yang sangat luas, telah membuka akses jalan antara Kampung Bangkong Reang dan Kampung Pondok, Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, dengan volume panjang 1.800 meter dan lebar 3 meter.

Sekdes Pabuaran Sopian, menjelaskan untuk pemanfaatan lahan jalan adalah hibah dari warga.

Akses jalan antara Kampung Bangkong Reang dan Kampung Pondok, Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, dengan volume panjang 1.800 meter dan lebar 3 meter (Foto : PM Hutabarat)

“Saat ini baru progres tahap kesatu 40 persen dan telah rampung dikerjakan dengan panjang 850 meter dan lebar 3 meter,” kata Sopian.

Ia melanjutkan dalam pelaksanaan program ini para pekerja merupakan 100 persen warga sekitar dengan sistem swakelola.

“Tinggal menunggu tahap yang kedua 60 persen,” tambahnya.

Ketua RW08/02 yang juga menjabat Ketua Gapoktan Dadang mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak Desa Pabuaran dan Pemkab Bogor, khususnya kepada Bupati Ade Yasin.

“Melalui program SAMISADE yang dicanangkan oleh bupati, harapan warga Kp Bangkong Reang dan Kp Pondok sudah terwujud. Setelah dibangun nya jalan yang membelah area persawahan, nantinya akan memudahkan warga beraktifitas. Berhubung warga yang ada di dua kampung mayoritas sebagai petani, misalnya untuk angkut pupuk dan hasil panen karena sudah bisa dilalui oleh kendaraan,” ungkap Dadang.

Dadang, Ketua RW08/02 yang juga menjabat Ketua Gapoktan (Foto : PM. Hutabarat)

Harapan warga, kata Dadang, untuk progres tahap kedua (60 %) mudah-mudahan secepatnya direalisasikan. Pencus M. Hutabarat

Artikel ini telah dibaca 469 kali

Baca Lainnya